Polisi Selidiki Gedung SDN 14 Palangka yang Nyaris Ambruk

CANALBERITA.COM – Pihak kepolisian, kejaksaan, anggota DPRD Komisi Kota A dan Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya langsung terjun memantau lokasi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 14 Palangka Jalan Mandawai yang amblas pada Minggu 9 Januari 2022 pukul 03.30 WIB.

Dalam kejadian tersebu ada tiga ruang kelas tidak dapat digunakan, karena kondisi mengalami rusak parah dan polisi pun langsung menyegel lokasi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Ada tiga ruang kelas yang amblas dan nyaris ambruk, sehingga lokasi kita amankan dengan memasang garis polisi agar tidak ada orang merusak TKP untuk kepentingan penyelidikan,” ucap Kapolsek Pahandut, AKP Susilowati kepada sejumlah awak media di lokasi kejadian, Senin 10 Januari 2022 pagi.

Tampak bangunan SDN 14 Palangka di Jalan Mandawai Kota Palangka Raya rusak parah akibat amblas. (FOTO : HERIYANTO)

Perwira Polri Berhijab tersebut menambahkan, pihak juga akan menyurati instansi terkait, karena dari informasi dan kepala sekolah, bangunan ini di bawah kewenangan dari dinas pendidikan.

“Akan meminta keterangan dari instansi terkait, kita juga melihat kronologinya apakah amblasnya benar-benar dari faktor alam atau memang ada indikasi pidana di dalamnya. Kalau memang ada indikasi pidana kita akan melakukan proses hukum secara profesional,” sebutnya.

Memang katanya, dalam musibah ini tidak ada korban jiwa dan tentunya meminta masyarakat agar tidak merusak TKP dan memasuki wilayah yang sudah di pasang garis polisi.

“Kami minta jangan memasuki lokasi kejadian, tujuannya menghindari hal yang tidak diinginkan,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pembinaan SD Kota Palangka Raya, Rachmad Winarso menjelaskan, pihak melakukan koordinasi dan akan meminta bantuan pihak PUPR untuk menghitung kerugian dan apa penyebabnya.

“Bangunan ini direhab pada tahun 2016 lalu oleh pihak kementerian. Namun kita belum mengetahui berapa anggaran dalam rehab dan kita juga tidak memastikan apakah karena faktor alam atau karena ada indikasi lainnya, yang jelas kami sama sama menunggu,” terangnya. (CNB1)