Nyesel Baru Tahu! Lakukan 5 Kebiasaan Ini di Kamar Mandi Ancam Kesehatan

canalberita.com — Mandi sudah pasti menjadi rutinitas semua orang untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya dari kuman atau bakteri. Tapi, tanpa disadari mandi bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena beberapa kebiasan.

Ya, ada beberapa kebiasaan buruk saat di kamar mandi yang tidak hanya memberikan kesan jorok, tapi juga membahayakan kesehatan. Sebab, risiko gangguan kesehatan dari berbagai bakteri dan kotoran di kamar mandi sangat beragam.

Menurut penelitian telah menunjukkan bahwa, kamar mandi mengandung sekitar 3,2 juta bakteri yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jika bersentuhan dengan manusia. Tetapi, tidak sedikit orang yang peduli dengan hal tersebut.

Inilah 5 kebiasaan buruk di kamar mandi yang bikin Anda menyesal baru mengetahuinya sekarang, dikutip dari Stechitegist, Kamis (16/12/2021).

1. Meninggalkan handuk basah di kamar mandi

Setelah mandi, biasanya banyak orang tanpa sadar meninggalkan handuk basah mereka tergantung di kamar mandi. Kamar mandi merupakan tempat yang lembab yang menjadikannya tempat yang sempurna bagi kuman untuk berkembang biak. Kelembaban kamar mandi juga bisa membuat handuk Anda menjadi bau.

2. Duduk di toilet selama lebih dari 15 menit

Beberapa orang merasa sangat nyaman duduk di toilet sehingga tanpa sadar mereka telah menghabiskan waktu hingga 15 menit atau lebih yang mana sangat berbahaya bagi kesehatan khususnya sistem pencernaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa, duduk di toilet hingga 15 menit dapat berdampak buruk bagi kesehatan karena memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah sehingga dapat menimbulkan wasir.

3. Membiarkan tutup toilet terbuka setelah selesai menggunakannya

Penutup toilet memang dibuat karena suatu alasan penting. Sayangnya, banyak orang membiarkan tutup toilet mereka terbuka saat setelah menggunakannya yang dapat menimbulkan bahaya serta penyakit. Ketika Anda menyiram toilet tanpa menutupinya, tekanan air dapat mendorong keluar beberapa isi toilet yang dapat mendarat di wastafel, sikat gigi bahkan handuk yang membuat Anda terpapar kuman dan infeksi.

4. Menaruh sikat gigi dekat wc

Kebiasaan yang satu ini cukup menjijikan ya kalau kamu sering meletakkan sikat gigi dengan WC. Kamu beresiko besar terkena kuman dan bakteri yang berada di dekat wc. Alangkah baiknya, setelah kamu selesai menyikat gigi, simpanlah sikat gigimu di tempat yang kering dan terpisah dari sikat gigi lainnya.

5. Membawa ponsel ke toilet

Banyak orang khususnya anak muda telah membentuk kebiasaan buruk membawa ponsel mereka ke toilet. Padahal, beberapa ahli telah menyatakan bahwa membawa ponsel ke toilet biasanya penuh dengan ribuan kuman. Membawa ponsel ke toilet membuatnya bersentuhan dengan beberapa kuman yang dapat berpindah ke tubuh dan menyebabkan penyakit.

okezone