Pengamanan Pilkades Serentak Diperkuat, Sebagai Antisipasi Gesekan Pendukung

CANALBERITA.COM – Jajaran Polres Katingan mengikuti apel gelar pasukan bersama Forkopimda, yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Katingan dalam rangka pengaman Pilkades serentak tahun 2021, Jumat 19 November 2021.

Turut hadir dalam apel tersebut Kapolres Katingan, AKBP P Sonny Bhakti Wibowo bersama pejabat utama Polres dan Unsur Forkopimda Kabupaten Katingan.

Bupati Katingan, Sakariyas selaku Irup menyampaikan, apel dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak, baik aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya.

“Yang perlu mendapat perhatian kita bersama antara lain adalah terjadinya konflik antar pendukung, politik uang, unjuk rasa dengan mengerahkan massa pendukung yang berpotensi mengarah anarkis, intimidasi kepada panitia calon pemilihan dan beberapa kerawanan Pilkades, secara keseluruhan apabila tidak diantisipasi dengan baik akan menimbulkan konflik,” ujar Bupati dalam amanatnya.

Dikesempatan yang berbeda Kapolres menekankan agar semua anggota pengamanan yang terlibat bisa lebih waspada dan aktif, serta lebih tanggap dalam mendeteksi segala kemungkinan yang akan timbul terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi dimasa pandemi Covid-19 jangan sampai menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.
“Pilkdes akan dilaksanakan secara serentak tanggal 23 November 2021 di 42 Desa yang ada di Kabupaten Katingan,” pungkas Kapolres.

Kapolres juga menambahkan Selain prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, diharapkan personel proaktif dalam mengatasi potensi gangguan yang kemungkinan terjadi, serta sinergitas Polri dengan instansi terkait dalam menjaga situasi aman dan kondusif.

“Laksanakan tugas dengan keikhlasan yang diniatkan sebagai ibadah kepada Tuhan YME dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tandasnya. (CNB1)