Gulf Arabian Co Minta Pemerintah Indonesia Tambah Suplai Minyak Sawit 20 Ribu Ton/bulan

canalberita.com — Diungkapkan Atase Perdagangan Kairo, lrman Adi Punrvanto Moefthi, permintaan minyak kelapa sawit Indonesia di Mesir terus meningkat. Hal ini seiring dengan naiknya konsumsi masyarakat Mesir dan negara sekitar untuk minyak kelapa sawit Indonesia.

“Gulf Arabian Co mengharapkan dukungan KBRI Kairo agar Indonesia dapat menambah suplai minyak kelapa sawit menjadi 20 ribu MT per bulan atau senilai US$ 22,5 juta untuk memenuhi permintaan konsumen pasar Mesir dan negara sekitar. Sebelumnya, permintaan perusahaan ini tarcatat sebesar 15 ribu MT per bulan atau senilai US$ 16,88 juta,” jelas Irman pada Selasa (28/9) , dalam keterangan tertulis

Lebih lanjut tutur Irman, kenaikan permintaan tersebut karena berbagai aspek. Di antaranya, dampak pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, serta adanya kebijakan penguncian sementara (lockdown) yang mengakibatkan terjadinya pelemahan produksi di negara penghasil sawit dan minyak nabati lainnya.

“Tingginya permintaan minyak kelapa sawit juga disebabkan perspektif positif masyarakat Mesir. Selain harga yang lebih kompetitif dibanding minyak nabati lainnya, minyak kelapa sawit Indonesia dikenal memiliki gizi yang tinggi,” ujar Irman, saat mendampingi Duta Besar Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf dalam pertemuan dengan General Manager Gulf Arabian Co Osama El Manharawy di Sharqia, Mesir.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada Juli 2021 kinerja perdagangan Indonesia untuk produk minyak kelapa sawit dan turunannya tercatat sebesar US$ 542,52 juta, atau naik 52,85% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar US$ 356,89 juta. Sementara pada periode Januari—Juli 2021 total volume ekspor komoditas ini tercatat sebesar 539 ribu ton.

 

Info SAWIT