TNI-Polri Lakukan Pencarian dan Pengecekan Koordinat Titik Api di Kecamatan Putussibau Selatan

canalberita.com — Kapolsek Putussibau Selatan Ipda Faldo Yefri Oktavianus, S.Tr.K, MH dan Danramil Putussibau Utara Selatan KAPT INF Nanang Sundari pimpin Pencarian dan Pengecekan Koordinat Hot Spot ( Titik Panas ) Berdasarkan Pantauan pada satelit Lapan, Rabu  11 Agustus 2021 di Wilayah Kecamatan Putussibau Selatan.

Dari hasil pencarian saat personel mendatangi lokasi kondisi api sudah padam kemudian Personil melakukan pengecekan secara keseluruhan guna memastikan bahwa api benar – benar sudah padam dan setelah dipastikan api sudah padam.

Kapolsek Putussibau Selatan Ipda Faldo membenarkan terjadinya pembakaran lahan tersebut, diketahui dari pemantauan berdasarkan Aplikasi Lapan Fire hotspot adanya terjadi kebakaran hutan, personel gabungan TNI Polri dilapangan.

“Penyebab kebakaran lahan tersebut terjadi karena masyarakat akan membuka lahan pertanian, informasi yang diterima dari masyarakat setempat dan Pemilih lahan,” terang Faldo.

Cek Daerah Rawan Longsor

Personel Polsek Putussibau Selatan mengarahkan patroli di wilayah rawan longsor yaitu di Jalan Raya lintas timur masuk Desa Melapi sampai Ingko Tambe , Kecamatan Putusibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu 11 Agustus 2021.

Patroli jalur lintas timur ini untuk mengantisipasi dampak dari hujan deras yang di mungkinkan tanah longsor,

Nampak dua petugas patroli Polsek Putussibau Selatan Bripka Timbul Kuswoyo dan ditemani Bhabinkamtibmas Brigadir William melaksanakan patroli dan pengamatan di jalur rawan akan bencana banjir dan tanah longsor jika curah hujan terus meningkat.

“Dengan melaksanakan Patroli di daerah rawan banjir dan longsor diharapkan kita dapat langsung mengantisipasi dan masyarakat menjadi lebih waspada dan tanggap segera apabila ada bencana alam untuk lebih berhati hati dan segera melaporkan kepada instansi terkait untuk segera dilakukan penanggulangan ataupun pengaturan arus lalu lintas, mengingat bencana longsor yang biasa terjadi tersebut bukan tidak mungkin kembali terjadi, maka dari itu kewaspadaan harus tetap di lakukan.” menurut Bripka Timbul.

Timbul juga mengungkapkan Polsek Putussibau Selatan selalu memantau di jalan lintas timur demi kelancaran pengguna jalan dan serta memberikan tanda bahaya dan garis polisi agar semua pengendara waspada jangan sampai terjadi mengingat longsor sudah berada pada bahu jalan.

 

(Sumber: Tribun Pontianak)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.