Mau Jadi Planters Sawit Suskes, Ikuti Langkah Berikut

canalberita.com — Dalam Diskusi Online  Bareng Alunmni (Dolan) yang diadakan Politeknik LPP Yogyakarta, pada Sabtu (14/8/2021) yang diikutiInfoSAWIT,  terungkap bahwa menjadi planter khususnya untuk sektor perkebunan kelapa sawit mesti memenuhi beberapa kriteria.

Apalagi bekerja di perkebunan kelapa sawit mesti menghadapi situasi yang jauh dari perkotaan (remote area), menghadapi orang dengan beragam suku dan adat istiadat, serta mesti memiliki kemampuan agronomi yang mumpuni supaya bisa mengelola perkebunan kelapa sawit dengan baik.

Pada kesempetan tersebut alumni Alumni D3 BTP Angkatan 1999, Zulfikar Tindaon, memaparkan apakah demikian mudah menjadi planters? Kata dia, mengapa seseorang memilih bekerja di perkebunan, biasanya ada tiga alasan yang mengikuti pertama, Terpaksa dalam arti kondisi/situasi yang memaksa, butuh atau makan/pekerjaan atau malu disebut pengangguran.

Lantas kedua, Follower (ikut-ikutan), biasanya karena ikut teman/tetangga/saudara, dan lainnya, serta ketiga, Self Awarness (kesadaran sendiri), yakni sebuah motivasi untuk mewujudkan cita-cita atau meningkatkan karir di kebun.

Dikatakan Zulfikar yang juga saat ini juga menjabat sebagai Estate Manager  PT. Bukit Barisan Indah Prima (BBIP Palm Group), guna menjadi planters maka perlu juga memahami apa saja tantangan di perkebunan, misalnya sikap mental di perkebunan dan etika serta budaya di perkebunan kelapa sawit.

Sebab itu, lebih lanjut tutur Zulfikar, bila menginginkan menjadi planters yang sukses maka ada beberapa tips yang mesti diikuti, pertama kenali orang, kedua menguasai lapangan. ”Serta ketiga mesti menguasai teknis pekerjaan di lapangan,” tandas Zulfikar yang juga sebagai Member Excecutive –Indonesian Planter Society (IPS).

 

(Sumber: Info SAWIT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.