Jelang 17-an, 3.272 Napi di Sumbar Diusulkan Terima Remisi Kemerdekaan

canalberita.com — Sebanyak 3.272 narapidana (napi) di Sumatera Barat (Sumbar) diusulkan untuk menerima pemotongan masa hukuman (remisi) kemerdekaan. Usulan ini diajukan menjelang  HUT ke-76 RI.

“Pada remisi HUT RI ke-76 ini kami mengusulkan sebanyak 3.272 orang untuk menerima remisi,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar, R Andika Dwi Prasetya, Rabu (11/8/2021).

Andika menambahkan, setelah pengusulan nama-nama tersebut maka Kemenkumham Sumbar tinggal menunggu penyetujuan serta keputusan dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Remisi yang telah disetujui oleh pusat nantinya akan diserahkan kepada para narapidana pada 17 Agustus 2021 berikut SK remisi,” katanya.

Dia melanjutkan, ke 3.272 orang yang diusulkan sebagai penerima remisi itu berasal dari seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) ataupun Rutan yang ada di Sumbar sebanyak 23 UPT.

“Dengan rincian sebanyak 3.250 orang diusulkan menerima pengurangan hukuman dari satu hingga enam bulan, sedangkan 22 sisanya adalah narapidana yang langsung bebas,” katanya.

Pemberian remisi dihari kemerdekaan, kata dia, merupakan hak yang diberikan negara kepada warga binaan yang sedang menjalani hukuman. “Remisi diberikan kepada mereka yang berkelakukan baik selama menjalani masa hukuman, dan mengikuti program pembinaan di Lapas atau Rutan,” tutupnya.

 

(Sumber: INews)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.