Bansos Tunai DKI Cair Hari Ini

canalberita.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI Jakarta akan mencairkan bansos tunai atau BST pada hari ini, Senin (19/7). Besaran bansos tunai, yaitu Rp300 ribu per bulan yang disalurkan melalui Bank DKI.
“(Bansos tunai) dari Pemprov DKI transfer akan dilakukan besok (hari ini) melalui rekening penerima, sehingga mereka langsung bisa menerima di rekeningnya masing-masing,” ujarnya dalam rekaman suara yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (18/7).

Anies menuturkan Pemprov DKI Jakarta sudah menganggarkan Rp604 miliar untuk program bansos bagi warga terdampak pandemi covid-19. Dana itu bersumber dari APBD DKI Jakarta.
Berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta, 1.844.833 orang penerima bansos tunai. Sekitar 1 juta warga akan mendapatkan dari Pemprov DKI Jakarta, sementara sekitar 837 ribu lainnya mendapatkan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial.

Selain melalui transfer, ia menuturkan ada bansos yang disalurkan oleh Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya. Ia memastikan penyaluran bansos tepat sasaran.

“Kami pastikan ini berjalan dengan baik mulai besok (hari ini), seluruh kegiatan akan berjalan termasuk pembagian beras mulai besok,” jelasnya.

Berdasarkan laman resmi corona.jakarta.go.id, selain bansos yang disalurkan oleh Pemprov DKI Jakarta, terdapat bansos dari pemerintah pusat yang bersumber dari dana APBN. Penyalurannya dilakukan melalui PT Pos Indonesia (Persero).

Sebelumnya, pemerintah menambah anggaran bansos sebesar Rp39,19 triliun bagi masyarakat selama masa PPKM Darurat. Tambahan bansos akan diberikan melalui berbagai program.

“Pemerintah akan memberikan bantuan sosial tambahan sebesar Rp 39,19 Triliun untuk masyarakat yang akan diluncurkan segera oleh menteri keuangan dan menteri sosial,” tutur Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat konferensi pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat.

(Sumber: cnn)