Karhutla Kembali Terjadi, Hanguskan 2,5 Ha Lahan Masyarakat

canalberita.com – Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla kembali terjdi di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah atau Kalteng. Lokasi kejadian di Kilometer 18, Jalan Tjilik Riwut pada Senin (14/06/2021) malam.

Guna memadamkan api, tim gabungan dari pihak kepolisian, BPBD, Manggala Agni dan relawan langsung menerjunkan armada ke lokasi kebakaran. Peristiwa tersebut sempat menghanguskan lahan kosong seluas kurang lebih 2,5 hektar.

Dirsamapta Polda Kalteng, Kombes Pol Susilo Wardono melalui Wadirsamapta AKBP Timbul RK Siregar mengungkapkan, peristiwa diketahui setelah mendapat laporan masyarakat adanya Karhutla dan personel Ditsamapta langsung menuju TKP.

Tahapan Pilkada 2024

“Menggunakan satu mobil AWC dan satu mobil Hino, petugas memadamkan api dan berkat kegigihan dan kesigapan, api berhasil dipadamkan dengan cepat,’ ungkap mantan Kapolresta Palangka Raya ini.

“Hingga saat personel kami turun ke lokasi, belum diketahui penyebab dari kebakaran lahan tersebut dan masih dalam tahap penyelidikan,” timpalnya.

Wadirsamapta menegaskan, Ditsamapta akan selalu siap dimanapun dan kapanpun dengan kekuatan personel, alat serta kendaraan yang dimilki dalam penanggulangan karhutla.

“Kami akan selalu siap bantu menanggulangi karhutla di wilayah Kalteng, khususnya di Kota Palangka Raya,” tegasnya.

(CalBe-1)