Ini Program BMB Peduli Dimasa Pandemi Covid-19

Perkuat Sektor Pertanian Bagi Petani, Pencegahan dan Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 Hingga Penyaluran Hewan Kurban

canalberita.com-Industri perkebunan kelapa sawit PT Berkala Maju Bersama (BMB) sejak berdiri pada tahun 2011 lalu di wilayah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, telah meluncurkan berbagai program kegiatan sosial, melalui program BMB Peduli.

Hal ini sebagai tanggung jawab sosial perusahaan yang sudah menjadi komitmen usaha untuk bertindak secara etis, berorientasi secara legal dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup dari karyawan, komunitas lokal, terutama masyarakat yang berada di wilayah kerja PT BMB dan komunitas luas.

Dimana aktivitas tangggung jawab sosial bagi industri perkebunan kelapa sawit PT BMB sudah menjadi aktivitas penting dalam menjalankan usahanya di bidang perkebunan dan pabrik pengolahan minyak kelapa sawit melalui program BMB Peduli.

Dimasa pandemi Covid-19 ini, BMB Peduli telah melakukan berbagai kegiatan sosial salah satunya memperkuat sektor pertanian tanaman pangan. Pada tahun 2020 lalu BMB Peduli menyalurkan bantuan pupuk organik kepada Kelompok Tani.

“Dengan memberdayakan kelompok tani lokal, kami berharap dapat ikut serta mendukung program pemulihan perekonomian yang sedang dicanangkan pemerintah terutama sektor ketahanan pangan”, jelas General Manager PT. BMB Ahmad Sahfengi ketika itu.

General Manager (GM) PT. BMB Ahmad Sahfengi

Ahmad juga menambahkan nantinya akan dilakukan pelatihan oleh tenaga ahli dari PT. BMB bagi anggota kelompok tani tentang bagaimana cara pengolahan tanah dan bercocok tanam yang baik dimana nantinya pupuk organik ini dapat digunakan oleh kelompok tani guna mengolah lahan.

“Program ketahanan pangan saat ini merupakan program prioritas pemerintah dalam pemulihan perekonomian Nasional. Untuk mensukseskan ini semua, perlu dukungan dan peran serta berbagai pihak, mulai dari pemerintah daerah, investor / perusahaan serta masyarakat. Karena apabila semua elemen saling mendukung maka kita akan segera mungkin memulihkan perekonomian Indonesia,” tukasnya.

Untuk meningkatkan kualitas hidup dari karyawan, terutama bidang kesehatan dimasa pandemi Covid-19. Baru-baru ini, BMB Peduli memfasilitasi karyawan dengan menyediakan alat kesehatan (Alkes) Rapid Test Antigen, dimana tes swab dilakukan oleh tenaga kesehatan.

“Untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan perusahaan, kami harus memastikan setiap karyawan sehat atau negatif dari Covid-19. Salah satunya dengan surat keterangan negatif rapid test antigen,” jelas Direktur Hukum dan Sosial PT BMB, Cornelis N Anton belum lama ini.

Karyawan PT BMB saat menjalani swab test antigen dan PCR. (Foto: Dokumen PT BMB)

Untuk komunitas luas, PT BMB Peduli menyerahkan bantuan Alkes Rapid Test Antigen Covid-19 kepada Polda Kalimantan Tegah (Kalteng). Alkes Rapid Test Antigen yang diserahkan tersebut sebanyak 30 box. Penyerahannya diwakilkan melalui Senior ManagerLegal dan HRGA, H Rudy Tresna Yudha SH MKN didampingi Asisten Kepala Febri Indari.

Rudy Tresna Yudha yang ditemui awak media portal canalberita.com di sela-sela penyerahan bantuan mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian PT BMB dalam upaya keras pemerintah, dalam hal ini pihak Polda Kalteng dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, khususnya Kalteng.

Lebih lanjut dikatakan Rudy Tresna Yudha, bantuan tersebut adalah wujud nyata kepedulian PT BMB yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dalam membantu pemerintah, khsusunya dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Ini atas instruksi dari pimpinan agar berperan aktif dalam membantu pemerintah penebaran Covid-19 di Kalimantan Tengah. Maka dari itu, saya dan Bapak Febri menyampaikan amanah bantuan alat kesehatan ini kepada Polda Kalteng,” sebut pria berkacamata itu.

Saat peringatan hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah tahun 2021, BMB Peduli menyaluran hewan kurban kepada masyarakat setempat. Penyerahan hewan kurban, merupakan wujud kepedulian untuk berbagi kepada sesama, terlebih dalam masa pandemi Covid-19 ini yang sangat berdampak pada kehidupan dan perekonomian masyarakat.

(red/adv-1/cnb)