Cegah Gangguan Kamtibmas, Lapas Palangka Raya Perbaiki Sel Tahanan

CANALBERITA.COM – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya terus meningkatkan upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di Lapas.

Salah satu yang dilakukan adalah adalah perbaikan pintu sel tahanan warga binaan untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya gangguan Kamtibmas atau kaburnya tahanan.

Kepala Lapas Kelas IIA Palangka Raya, Chandran Lestyono melalui Kepala Kesatuan Pengamanan, Meldy Putera mengatakan, perbaikan pintu sel tahanan warga binaan tersebut merupakan pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas.

“Kami melakukan patroli rutin dan melihat pintu sel tahanan ada yang rusak, jadi kita langsung melakukan perbaikan dengan di las listrik dan langsung diawasi oleh staf,” ungkap Meldy, Rabu 9 Februari 2022.

Ia menuturkan, karatan menjadi faktor utama pintu besi blok hunian cepat rusak, sehinggi dalam waktu dekat akan diusulkan akan dilakukan perawatan pengecetan secara bertahap.

“Kami dari Lapas Kelas IIA Palangka Raya terus berbenah, baik dari sisi kebersihan luar dan dalam lapas maupun sel tahanan. Baru-baru ini saja kami sudah memperbaiki jaringan kelistrikan yang dianggap rawan terjadi korsleting yang bisa menyebabkan kebakaran,” ungkap Meldy. (CNB1)

Lapas