Persiapan Menghadapi Karhutla, Tim Gabungan Gelar Latihan

CanalBerita,Pulang Pisau– Tidak ingin kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2015 terulang kembali, Polda Kalteng bersama Manggala Agni, BPBD, MPA dan instansi lainnya menggelar latihan simulasi di Karhutla di Desa Taruna, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (20/05/2021) pagi.

Hal ini bertujuan memastikan sarana dan prasana berfungsi dengan baik. Dan melihat kesiapan dan kemampuan personel dalam mengantisipasi terjadinya Karhutla di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila ini.

Simulasi ini langsung di pantau oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo MHum MSi MM bersama pejabat Polda. Dimana, orang nomor satu di Polda Kalteng langsung memberikan arahan usai melihat simulasi pemadaman kebakaran.

“Latihan harus terus ditingkatkan, karena simulasi ini jarak tempuh api dan air masih dekat. Bagaimana seperti terjadi tahun 2015 lalu sangat minim air dan jarak tempuh masih jauh, maka ini yang masih kita evaluasi agar tidak terjadi lagi,” sebut Dedi Prasetyo saat memberikan arahan.

Ia menambahkan, dalam menangani Karhutla ini sangat berbeda dengan kebakaran pemukiman. Disini yang perlu diperhatikan ketepan dan koordinasi dalam pelaksanaannya.

“Kita harapkan ada tim pemantau sebelum armada diberangkatkan. Nah alat yang kita miliki masih terus berbenah dalam pendeteksi titik api. Yang jelas kita berdoa agar tahun 2021 ini tidak Karhutla yang parah,” tuturnya.

Simulasi yang dilakukan layaknya seperti nyata, karena diperlihatkan kobaran api, ditangkapnya terduga pelaku pembakar yang berpura-pura sebagai pemancing setelah dilakukan penyelidikan oleh Tim Inafis di lokasi kebakaran. Kemudian juga mengevakuasi salah satu anggota kekurangan oksigen.

(CalBe-1)

Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo MHumKarhutlaManggala AgniPolda KaltengPulang Pisau