Sejumlah Klub Premier League Terancam Disanski FIFA

canalberita.com – Sejumlah klub Premier League terancam mendapatkan sanksi dari Badan Sepakbola Dunia (FIFA) setelah melarang beberapa pemainnya membela negaranya yang termasuk ke daftar merah pandemi COVID-19 di jeda internasional.

Dilansir SkySport, Kamis 2 September 2021, kabar ini muncul setelah Chile, Meksiko dan Paraguay meminta FIFA untuk memberikan sanksi kepada klub Premier League yang menolak melepas pemainnya pada jeda internasonal bulan ini.

Permintaan dari tiga negara ini bisa membuat klub-klub Premier League mendapat sanksi berupa pelarangan menurunkan pemain yang tidak mendapatkan izin membela negaranya usai jeda internasional. Namun, sanksi bisa dihindari oleh klub-klub Premier League asalkan mereka bisa mencapai kesepakatan dengan federasi sepak bola di negara terkait.

Sebelumnya, pada pekan lalu, sejumlah klub-klub Premier League sepakat tidak akan melepas pemain mereka untuk laga internasional yang digelar di daftar merah COVID-19 termasuk Chile, Meksiko dan Paraguay. Keputusan ini didukung oleh pihak Liga untuk menghindari pemain menjalani masa karantina selama 10 hari ketika mereka kembali ke Inggris usai menjalani laga internasional.

Meskipun begitu, regulasi FIFA menyebutkan bahwa pemain harus dilepas oleh klubnya untuk bermain bersama negaranya jika termasuk dalam agenda pertandingan internasional FIFA. FIFA sebelumnya sudah menghubungi Blackburn Rovers, Newcastle United, Watford dan Wolverhampton Wanderers serta FA untuk memberitahukan mereka soal regulasi ini.

Selain tiga negara tadi, Argentina, Brazil dan Mesir juga termasuk ke dalam daftar merah negara COVID-19 yang ditetapkan oleh pemerintah Inggris. Namun, dua klub Premier League, Aston Villa dan Tottenham Hotspur pada akhirnya memilih melepas pemain mereka yang dipanggil oleh timnas Argentina.

(sumber: viva.co.id)