Diguyur Hujan Lebat Sejak Subuh, Kota Samarinda Terendam Banjir

canalberita.com — Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), diguyur hujan lebat sejak Subuh tadi. Akibatnya, sejumlah wilayah di Kota Samarinda terendam banjir.

Hujan deras mengguyur Kota Samarinda sejak Kamis (12/8/2021) pukul 03.00 Wita hingga pukul 08.00 Wita. Sejumlah ruas jalan di 21 titik jalan di wilayah Kota Samarinda terendam air. Akibatnya, terjadi penumpukan arus kendaraan masyarakat yang akan menuju tempat aktivitas.

Muriono, staf operasional Pusdalops BPBD Kaltim, mengatakan hasil tinjauan lapangan dan pantauan CCTV, enam kawasan terendam banjir, di antaranya Simpang Sempaja dengan ketinggian air 30 sentimeter.

“Di sekitar Jalan AW Syahranie cukup dalam, khususnya jalan di sekitar Indogrosir, dan simpang empat Sempaja, genangan air cukup panjang sehingga banyak kendaraan yang memaksa menerjang banjir akhirnya mogok,” kata Muriono.

“Hingga saat ini pukul 09.30 Wita, air masih menggenangi Jalan DI Panjaitan. Akibatnya, menghambat pengguna jalan yang ingin ke luar kota, khususnya ke Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur dan juga warga yang ingin ke luar kota melalui bandara APT Pranoto,” jelas Muriono.

Sementara itu, Ningsih, warga Palaran, menyebutkan genangan air yang terjadi di jalan poros Palaran mengakibatkan antrean kendaraan hingga satu jam.

“Genangannya tidak seberapa, namun arus air yang turun dan menyeberang jalan cukur deras, beberapa pengendara roda dua bahkan terjatuh akibat derasnya air,” kata Ningsih.

“Harapannya, pemerintah segera melanjutkan perbaikan drainase yang ada di kawasan itu karena air yang ada di situ lari ke jalan karena drainase yang ada sudah tertutup lumpur,” tutupnya.

 

(Sumber: detik.com)