BEM SI Gelar Aksi Pemazulan Jokowi-Ma’ruf, Ini Klarifikasi BEM SI?

Jakarta,CanalBerita–Beredar pesan berantai, Aliansi BEM Seluruh Indonesia (SI) bakal menggelar aksi turun kejalan menuntut pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin beserta kabinetnya ditirunkan.

Aksi tersebut rencananya akan melakukan konvoi dari Tugu Proklamasi hingga Taman Pandang Monas, Jakarta Pusat pada tanggal 12 Februari 2021 mendatang.

Koordinator Pusat Aliansi BEM SI, Remy Hastian dengan tegas membatah isue tersebut. Remy Hastian mengklarifikasi dengan menyampaikan pernyataan resmi seperti dilansir dari detikcom, Selasa (9/2/2021).

Ada 7 poin klarifikasi BEM SI terhadap isu hoax aksi pemakzulan terhadap Presiden Jokowi. Berikut pernyataan lengkap BEM SI:

Klarifikasi BEM SI Terhadap Isu Aksi Pemakzulan Presiden Jokowi

Sehubungan dengan berita yang beredar serta adanya laporan media kepada pihak BEM SI yang mana menganggap BEM SI akan melaksanakan aksi pemakzulan Presiden Jokowi pada Jumat, 12 Februari 2021 yang bernarasikan pemakzulan Presiden Jokowi beserta kabinetnya, hingga mengembalikan Dwifungsi ABRI. Dengan ini kami aliansi BEM SI merasa sangat perlu untuk menyampaikan beberapa poin klarifikasi:

1. Tidak benar adanya BEM SI akan melaksanakan aksi pemakzulan Presiden Jokowi pada Jumat 12 Februari 2021, serta tidak terlibat sama sekali di dalamnya.

2. BEM SI menjunjung tinggi nilai demokrasi dan bertindak konstitusional, serta tidak membenarkan tindakan inkonstitusional berupa pemakzulan secara paksa (kudeta) terhadap Presiden RI.

3. Pesan berantai yang tersebar merupakan atas nama BEM Indonesia bukan Aliansi BEM Seluruh Indonesia. Jadi, tidak benar adanya BEM SI akan melakukan dan menginisiasi aksi Pemakzulan Pemerintah RI.

4. BEM SI menolak dengan tegas adanya upaya penggabungan kembali Dwifungsi ABRI yang jauh dari cita-cita Reformasi.

5. BEM SI masih konsisten menolak adanya kebijakan tidak pro-rakyat seperti disahkannya Omnibus UU Cipta Kerja, UU Minerba, UU KPK dan UU lainnya yang memberangus hak dan menyengsarakan rakyat Indonesia.

6. BEM SI menghimbau untuk masyarakat tidak terpantik dengan hoax dan informasi yang tidak bertanggung jawab.

7. BEM SI mengajak pemerintah dan masyarakat untuk terus bergotong-royong fokus dalam menyelesaikan permasalahan Covid-19.

Demikian keterangan ini kami sampaikan sebagai penjelasan tentang kabar yang tidak benar yang berkembang di tengah masyarakat.

Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia!

Jakarta, 8 Februari 2021
Koordinator Pusat Aliansi BEM Seluruh Indonesia
Remy Hastian

(red)