Pelantikan Pengurus BAKORMAD Nasional di Kalimantan Timur Bakal Dihadiri Panglima TNI, Kapolri dan Mendagri

PALANGKA RAYA, canalberita.com— Pelantikan dan pengukuhan Pengurus Pusat Badan Komando Laskar Masyarakat Adat Dayak atau BAKORMAD Nasional akan dilaksanakan pada Jumat 14 Oktober 2022. Organisasi yang dibawah komando langsung Majelis Adat Dayak Nasional atau MADN ini dipimpin oleh Cornelis Nalau Anton sebagai Panglima BAKORMAD Nasional. Putra asli Dayak Ngaju asal Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah ini ditunjuk langsung oleh Presiden MADN DR Marthin Billa, MM.

Menurut jadwal dalam undangan Rakernas I MADN, pelantikan dan pengukuhan nantinya berlangsung sesaat setelah penutupan Rakernas I MADN yang dilaksanakan pada Kamis, 13 sampai dengan Sabtu, 15 Oktober 2022 di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur dan dihadiri langaung oleh Panglima TNI Jendral TNI Dr Andika Perkasa, Kapolri Jendral Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Ketua Komisi I DPD RI Dr Teras Narang, SH dan Ketua Otorita IKN Dr.Ir Bambang Susantono, MSCE., Ph.D. Para tokoh tersebut hadir sebagai pembicara di Rakernas.

Panglima BAKORMAD Nasional Cornelis Nalau Anton dalam Rapat persiapan Pelantikan dan Pengukuhan Pengrus BAKORMAD Nasional yang dilaksanakan di Yandros’s Bar & Cafe Palangka Raya, Minggu 2 Oktober 2022 malam dalam arahannya kepada tim panitia keberangkatan untuk mempersiapkan secara matang keberangkatan pasukan  dari Palangka Raya menuju Balikpapan.

Dalam kesempatan berbicara dihadapan peserta rapat, Cornelis Nalau Anton menyampaikan pesan dari Presiden MADN agar pelaksanaan Rakernas I MADN tahun 2022 maupun Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus BAKORMAD Nasional sukses dan berjalan dengan baik dan lancar, karena nantinya akan dihadiri para pejabat tinggi negara.

“Pesan dari Pak Presiden diharapkan, kegiatan ini harus sukses. Kenapa demikian, karena yang datang nanti Panglima TNI Jendral TNI Dr Andika Perkasa, Kapolri Jendral Drs Listyo Sigit Prabowo dan juga Mendagri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian,” jelas Cornelis seraya menimpali penjelasannya.

Dalam pelantikan nanti berlangsung pada hari Jumat 14 Oktober sekitar pukul 19.00 Wib setelah penutupan Rakernas. “Pada tanggal 15 Oktober-nya, Pengurus BAKIRMAD Nasional akan berangkat bersama-sama ke titik nol IKN,” tukasnya.

Sementara itu, Dewan Pembina BAKORMAD Nasional, Dr. Andrie Elia Embang, S.E., M.Si dalam kesempatan hadir dalam rapat memberikan pesan-pesan dan menurut mantan Rektor Universitas Palangka Raya atau UPR itu dalam MADN memang diperlukan Pasukan Khusus yang mengawal keputusan-keputusan atau kebijakan MADN seperti BAKORMAD ini.

“Di BAKORMAD ini ada di dalamnya berbagai organisasi dayak, tetapi pada dasarnya satu dan memang perlu ada pasukan khusus. Bersyukur, puji tuhan ade saya Cornelis ini dipilih sebagai Panglima-nya. Memang mencari orang untuk tingkat nasional itu tidak mudah dan nantinya BAKORMAD diharapkan bisa mengkoordinasikan dengan organisasi Dayak lainnya, seperi Batamad misalnya. Karena Batamad ini tidak saja ada di Kalimantan Tengah tetapi juga ada di Kalimantan Timur,” tutur Andrie.

Dalam rapat persiapan pelantikan, secara teknis pemberangkatan pasukan melalui jalan darat. Pasukan atau pengurus dari Kalimantan Barat akan bergabung di Kota Palangka Raya dan secara bersama-sama berangkat menuju Balikpapan, Kalimantan Timur. Namun untuk mempersiapkan segala sesuatu akan diberangkatkan tim kecil terlebih dulu. Rencananya, jumlah peserta dari Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah yang akan berangkat menuju Kalimantan Timur diperkirakan sebanyak kurang lebih 150 orang.

(RedCNB)