Pidato Xi Jinping: Hong Kong Bangkit dari Abu

JAKARTA, canalberita.com–Presiden China, Xi Jinping, menyampaikan pidato setibanya di Hong Kong pada Kamis (30/6).
Dalam pidatonya itu, Xi Jinping menyebut era kebangkitan Hong Kong setelah diserahkan dari Kerajaan Inggris kepada China 25 tahun lalu.

“Setelah angin dan hujan, Hong Kong berhasil bangkit dari abu dan menunjukkan semangat yang kuat,” kata Xi Jinping dalam pidatonya seperti dikutip dari South China Morning Post, Kamis (30/6).

“Fakta ini membuktikan bahwa ‘satu negara, dua sistem’ memiliki vitalitas kuat yang memastikan kemakmuran dan stabilitas jangka panjang Hong Kong serta menjaga kesejahteraan kompatriot senegaranya di Hong Komng. Satu negara, dua sistem adalah kebijakan yang bagus,” tuturnya lagi.

Orang nomor satu di China itu pun yakin Hong Kong akan terus maju dengan prinsip satu negara dua sistem yang diterapkan hingga saat ini.

“Selama kita teguh menegakkan prinsip satu negara dua sistem, masa depan Hong Kong tentu akan cerah. Sudah pasti Hong Kong akan membuat kontribusi baru dan lebih hebat untuk peremajaan bangsa China,” ungap Xi Jinping.

Xi Jinping menyambangi Hong Kong dalam rangka memperingati hari penyerahan wilayah itu dari Inggris kepada China yang jatuh pada 1 Juli.

“Seluruh negeri China merayakan momen berbahagia ini dengan para warga Hong Kong,” tutur Xi Jinping.

“Terakhir saya datang ke Hong Kong sekitar lima tahun lalu. Selama lima kali musim semi dan gugur ini (lima tahun), saya selalu memperhatikan dan memikirkan Hong Kong,” ia melanjutkan pidatonya.

Xi Jinping juga mengungkapkan rasa cinta yang mendalam terhadap Hong Kong.

“Hati saya dan pemerintah pusat selalu bersama kompatriot kami di Hong Kong. Dalam beberapa tahun terakhir, Hong Kong telah melewati berbagai tantangan besar dan berhasil menaklukkannya,” kata Xi Jinping.

Sumber: CNN Indonesia