Penyebab Jalan Cepat Rusak di Katingan

CANALBERITA.COM – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan Nanang Suriansyah minta penindakan tegas bagi Keberadaan Truk angkutan Over Dimension dan Overload (ODOL) atau angkutan kelebihan dimensi dan muatan.

Menurutnya, salah satu penyebab kerusakan jalan diakibatkan adanya angkutan barang yang melebihi tonase jalan, sehingga terjadilah kerusakan.

Kapasitas jalan yang ada di Katingan hanya delapan ton, tapi banyak truk yang mengangkut kayu melebihi dari tonase jalan kita, akibatnya yah rusak, apalagi kalau baru di bangun,” tegas Nanang Suriansyah. Kamis, 10 Oktober 2022.

Menurutnya, pemerintah membangun jalan menggunakan APBN maupun APBD tujuan utamanya untuk kepentingan masyarakat umum, dengan harapan membantu segala aktivitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi.

Tidak ada yang melarang untuk penggunaan jalan, siapa saja silakan, tapi kalau dengan angkutan seperti kayu log dengan kapasitas melebihi, akibatnya jalan rusak, ekonomi tentu ikut terdampak,” jelasnya.

Ia juga mengakui banyak mendapat keluhan dari warga masyarakat pengguna jalan merasa resah, dengan hilir mudiknya truk besar bermuatan kayu log yang kerap melintasi jalan di Desa Teluk, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan.

Soal kayu, itu urusan mereka, kita tidak masuk masalah kayu, tapi yang kita mau pengangkutan jangan sampai merusak jalan yang kita bangun,” pungkasnya. (BS/CNB)