Ditengah Pemungutan Suara Pilpres, Ukraina Bombardir Kilang Minyak Rusia

JAKARTA,CanalBerita-Ukraina menyerang kilang minyak Rusia, di wilayah Krasnodar selatan Minggu. Ini memicu kebakaran dan menyebabkan satu orang tewas karena “serangan jantung”.

Serangan terjadi kala Rusia melaporkan telah mencegat 35 drone Ukraina semalaman. Perlu diketahui, Rusia sendiri sedang melakukan pemungutan suara untuk pemilihan presiden (pilpres).

“Pada malam hari sekitar pukul 03.00 (00.00 GMT), beberapa pesawat udara tak berawak (drone) berusaha menyerang kilang minyak Slavyansk,” kata markas operasional wilayah Krasnodar melalui Telegram, dikutip AFP, Senin (18/3/2024).

“Pertahanan udara mencegat drone tersebut tetapi kebakaran terjadi setelah salah satu drone tersebut jatuh di kilang,” tambahnya.

“Satu orang tewas pada saat serangan pesawat tak berawak itu terjadi, penyebab awal kematiannya adalah serangan jantung,” jelasnya lagi.

Kilang minyak tersebut diidentifikasi sebagai kilang Slavyansk-on-Kuban. Ini terletak di wilayah sebelah timur Laut Azov.

Serangan drone terhadap kilang dan lokasi energi di Rusia memang meningkat minggu ini di tengah pilpres yang mulai 15-17 Maret. Presiden Vladimir Putin diyakini memenangkan pilpres tersebut.

Sebelumnya, sebuah kilang minyak juga menjadi sasaran serangan drone di Ryazan pada hari Rabu pekan lalu dan menyebabkan korban jiwa. Kilang lainnya juga menjadi sasaran di luar kota Nizhny Novgorod pada hari Selasa.

Sabtu, dua orang tewas setelah serangan pesawat tak berawak di kota Belgorod Rusia. Putin telah bersumpah bahwa serangan Ukraina terhadap wilayah Rusia tidak akan dibiarkan begitu saja.

Sumber: cnbcindoensia