Kalimantan Selatan Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 4,8 Skala Richter, Getaran Terasa Sampai Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah di guncang gempa tektonik pada Selasa, 13 Februari 2024 pagi. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,7.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,19° LS (Lintang Selatan) ; 115,12° BT (Bujur Timur) atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 Km arah Timur Laut Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas patahan Meratus,” jelas BMKG.

Berdasarkan estimasi peta goncangan ( shakemap ), gempa bumi ini menimbulkan goncangan di daerah Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin, Kota Marabahan Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

“Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), Kota Sampit, Pulau Pisau dan Kota Palangkaraya II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ),” rincinya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara