Kebugaran Jasmani: Manfaat dan Bentuk Latihan yang Tepat

CanalBerita.com-Memiliki kebugaran jasmani merupakan kebutuhan semua orang. Kebugaran jasmani sendiri merupakan kondisi serta aktivitas untuk menyehatkan tubuh manusia melalui serangkaian kegiatan olahraga yang dipilih khusus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Memiliki Kebugaran Jasmani

Seseorang yang secara rutin menjaga kebugaran jasmaninya akan merasakan organ tubuhnya menjadi lebih sehat. Secara fisik dia akan terlihat lebih segar, tidak mudah sakit, dan tidak mudah lelah.

Sementara dirinya sendiri merasakan organ dalam tubuhnya dapat berfungsi semestinya. Hal itu karena kegiatan menjaga kebugaran jasmani dapat meningkatkan penurunan resiko serangan berbagai macam penyakit. Seperti misalnya penurunan penyakit jantung, stroke, diabetes, dan lain sebagainya.

Seseorang yang menjaga kebugaran jasmaninya memiliki kekuatan dan daya tahan tubuh yang cukup untuk menjaganya tidak mudah terserang virus atau bakteri jahat.

Beragam manfaat memiliki kebugaran jasmani antara lain sebagai berikut:

  • Kekuatan otot meningkat sehingga tidak mudah lelah dalam perjalanan
  • Mencegah obesitas
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menurunkan risiko stress
  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh
  • Menjaga kesehatan pacu jantung
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Melancarkan sirkulasi oksigen ke otak
  • Mencegah resiko stroke
  • Memiliki daya tahan tubuh yang tinggi sehingga tidak mudah sakit
  • Memiliki kelincahan berpikir dan bergerak
  • Meningatkan energi setiap hari
  • Menjaga mood- dan lain sebagainya.

Latihan yang Tepat

Latihan yang tepat untuk menjaga kebugaran jasmani bisa berupa pergi fitness atau gym. Tentu saja agar semuanya berjalan lancar harus bertemu dengan instruktur yang tepat. Beberapa bentuk latihan yang tepat dapat memberikan manfaat, seperti berikut:

a) Untuk meningkatkan kekuatan otot

Untuk meningkatkan kekuatan otot, latihan kebugaran jasmani yang tepat bisa berupa sit up, push up, squat jump, dan plank.

b) Untuk meningkatkan energi tubuh

Untuk meningkatkan energi tubuh, latihan kebugaran jasmani yang dapat dijadikan kebiasaan misalnya side jump, vertikal jump, front jump, lari, dan lompat tali.

c) Untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, latihan kebugaran jasmani yang dapat dijadikan rutinitas harian misalnya jogging, jalan-jalan, lari, bersepeda, angkat beban, push up,
dan yoga.

d) Untuk meningkatkan kecekatan dan kecepatan

Untuk meningkatkan kecekatan dan kecepatan, latihan kebugaran jasmani yang dapat kamu pilih ialah lari. Tingkatkan jarak lari Anda dari waktu ke waktu, sehingga kamu akan mendapatkan dirimu memiliki kecepatan dan kecekatan dalam berpikir secara bertahap. Hal ini bisa membantumu menjadi lebih produktif baik di kantor maupun di rumah.

e) Untuk menjaga keseimbangan tubuh

Satu-satunya latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan keseimbangan tubuh ialah plank. Dengan melakukan plank Anda tidak hanya akan mendapatkan peningkatan kekuatan otot tapi juga keseimbangan tubuh. Keseimbangan tubuh sangat diperlukan agar kita bisa berpikir jernih, tidak mudah lelah, dan dapat merespon segala sesuatu secara tepat.

Demikian penjelasan tentang kebugaran jasmani, manfaat dan beberapa bentuk latihan yang tepat untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Semoga bermanfaat.

Sumber: suara.com