Joe Biden Minta Israel Melindungi Warga Sipil

WASINGTON, CanalBerita-Presiden Amerika Serikat Joe Biden meminta Israel melindungi warga sipil. Permintaan Joe Biden itu mengingat Israel mulai mengintensipkan operasi udara dan darat terhadap Hamas sejak Sabtu 27 Oktober 2023.

“Israel harus dengan cara yang konsisten dengan hukum kemanusiaan internasional yang memprioritaskan perlindungan warga sipil,” kata Biden kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melalui panggilan telepon, kata Gedung Putih, dilansir dari detik.com, Senin (30/10/2023).

Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan, mengatakan kepada CNN bahwa Israel “harus mengambil segala cara yang mungkin tersedia bagi mereka untuk membedakan antara Hamas, yang merupakan target militer yang sah – dan warga sipil, yang bukan,” lanjutnya.

Dilansir dari cnbcindonesia.con, pemerintahan Joe Biden telah menyarankan Israel untuk segera menunda serangan habis-habisan, namun Netanyahu menolak.

Netanyahu berjanji akan berusaha semaksimal mungkin untuk membebaskan lebih dari 200 sandera, termasuk warga Amerika dan orang asing lainnya, yang ditahan oleh Hamas.

“Ini adalah perang tahap kedua yang tujuannya jelas: menghancurkan pemerintahan dan kemampuan militer Hamas serta memulangkan para sandera,” kata Netanyahu, dikutip dari Reuters.

penulis: cnb
editor: alfrid ugara