BPBD Kapuas Pasang Spanduk Ajakan Bersama Cegah Karhutla

 KUALA KAPUAS,CanalBerita-Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika atau BMKG memperkirakan sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Kalimantan Tengah mengalami awal musim kemarau bulan April hingga Juni 2023.

Dengan terjadinya musim kemarau, memunculkan lokasi rawan kebakaran dan lahan atau Karhutla. Terlebih di wilayah Kalimantan Tengah  sebagian besar tanah rawa gambut. Seperti terlihat di sepanjang ruas jalan Kuala Kapuas-Palangka Raya.

Guna mengantisipasi terjadinya rawan Karhutla, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD setempat melakukan pemasangan spanduk imbauan mencegah Karhutla di sejumlah tempat.

“Pemasangan spanduk tersebut sebagai salah satu bentuk sosialisasi pencegahan Karhutla di 7 titik rawan Karhutla di Kecamatan Selat,”  kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, Senin, 29 Mei 2023.

Selain itu,  BPBD Kapuas juga melakukan pemasangan spanduk imbauan Karhutla di 10 titik rawan Karhutla di wilayah Kecamatan Kapuas Hilir, Kecamatan Kapuas Timur dan Kecamatan Basarang.

“Harapannya dengan adanya spanduk imbauan ini dapat mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah terjadinya karhutla,” ucapnya.

Dalam spanduk ajakan mencegah Karhutla tersebut berisikan pesan ‘lingkungan sehat, hidup sehat, kita jaga alam, alam jaga kita’.

penulis: cnb
editor: alfrid u. gara