BOS Bersama BKSDA Lepasliarkan Lima Individu Orangutan di Habitatnya Hutan Kehje Sewen

SAMARINDA,CanalBerita Setelah direhabilitasi, sebanyak 5  individu Orangutan kembali dilepas liarkan di habitatnya Hutan Kehje Sewen, Kalimantan Timur, pada Selasa 16 Mei 2023.

Kelima individu Orangutan, yakni bernama Riana, Mayer, Andreas, Leann dan Elaine berasal dari Pusat Rehabilitasi Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Samboja Lestari, Kalimantan Timur.

Seperti dilansir CanalBerita dari Infosawit, Yayasan Bos mengungkapkan hampir dua tahun tidak melakukan pelepasliaran bersama  Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Timur.

Upaya pelepasliaran ini dilaksanakan pada pertengahan tahun 2023, dengan tetap menggunakan protokol kesehatan khusus, yang dikembangkan untuk mencegah penyebaran virus SARS-COV-2 dan disertai tes COVID-19baik pada tim yang terlibat, maupun individu orangutan yang akan dilepasliarkan.

Kegiatan ini merupakan pelepasliaran orangutan yang pertama kali dilakukan pada tahun 2023 dan yang ke-25 kalinya dilakukan di Hutan Kehje Sewen, Kalimantan Timur.

Yayasan BOS menjelaskan, sejak Tahun 2021, di dekade ketiga usia Yayasan BOS, upaya pelepasliaran orangutan telah berhasil mengembalikan 505 individu Orangutan ke habitat alaminya.

“Jumlah termasuk yang hari ini, di mana 379 Orangutan dilepasliarkan di lokasi pelepasliaran di Kalimantan Tengah dan 126 di Kalimantan Timur,” jelasnya.

BOS juga menginformasikan jumlah orangutan yang saat ini masih ada di Pusat Rehabilitasi Yayasan BOS adalah 401 individu orangutan, 279 di Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah, dan 122 di Samboja Lestari, Kalimantan Timur.

Editor: alfrid u. gara