Kesehatan Korban Banjir di Desa Rasau Tumbuh Mulai Terganggu

SAMPIT,canalberita.com – Banjir yang melanda Desa Rasau Tumbuh, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) tidak saja memutus akses jalan darat tetapi juga berdampak terhadap kesehatan warga korban.

“Iya, sudah ada beberapa warga desa kami yang sakit-sakitan, ada yang batuk, pilek, demam dan gatal-gatal,” ucap Kepala Desa Rasau Tumbuh Syamsudin melalui pesan singkat yang diterima wartawan media siber Berita Sampit, Minggu 23 Oktober 2022, malam.

Dia menjelaskan, korban banjir terserang penyakit itu sudah beberapa hari yang lalu, sedangkan tenaga kesehatan juga tidak dapat berbuat banyak dikarenakan stok obat-obatan terbatas.

“Kami juga perlu tim medis dan obat-obatan, karena warga desa kami untuk saat ini sangat kesulitan untuk mendapat pelayanan kesehatan,” tegas Syamsudin.

Mengingat hal ini dianggap urgensi, lanjutnya, pihak desa telah bermohon kepada Kepala Puskesmas Kota Besi untuk turun lapangan bantu menangani korban banjir yang sudah mengalami sakit-sakitan.

“Informasinya Kepala Puskesmas Kota Besi, besok (senin,Red) janjinya akan ke Desa Rasau Tumbuh untuk mengecek langsung kondisi kesehatan korban banjir,” ujar Syamsudin.

Dia menambahkan, ada 120 rumah penduduk yang terdampak banjir terdiri dari 157 kepala keluarga dan 547 jiwa yang perlu uluran bantuan berupa paket sembako dan suplai elpiji.

(Red/ifin)