Tekan Inflasi Jangka Panjang, Pemerintah Gumas Siapkan Subsidi Pakan Ikan

KUALA KURUN,canalberita.com–Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan atau DPKP memberikan bantuan pakan ikan bagi kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) setempat.

Kepala DPKP Hansli Gonak mengatakan, program  bantuan subsidi pakan  merupakan salah satu strategi pemerintah dalam mengantisipasi dan menekan inflasi jangka panjang.

Pada program subsidi pakan ikan tersebut diberikan kepada kelompok pembudidaya ikan dengan total 15 ton, dari anggaran yang dialokasikan pemerintah sebesar Rp350 juta.

“Sebanyak 15 ton pakan ikan tadi dibagikan kepada Pokdakan yang memenuhi persyaratan dan siap membantu mengantisipasi inflasi,” kata Hansli, belum lama ini.

Saat ini DPKP Gunung Mas telah mendata Pokdakan yang menjadi sasaran program subsidi pakan ikan. Selain itu, belasan Pokdakan secara lisan juga telah menyampaikan berkomitmen untuk membantu mengantisipasi inflasi.

Adapun belasan Pokdakan tersebut tersebar di sejumlah desa/kelurahan yakni Tanjung Karitak dan Pematang Limau di Kecamatan Sepang, Kuala Kurun, Tampang Tumbang Anjir, Teluk Nyatu dan Pilang Munduk di Kecamatan Kurun.

Kemudian Taringen, Bereng Jun, dan Tumbang Talaken di Kecamatan Manuhing, Tumbang Samui di Kecamatan Manuhing Raya, Tumbang Kuayan di Kecamatan Rungan Barat, Talangkah di Kecamatan Rungan, Jangkit di Kecamatan Rungan Hulu. 

“Kemudian Kelurahan Tewah dan Desa Tumbang Habaon di Kecamatan Tewah,” kata Hansli.

 

(RedCNB)