Dewan Kota Dorong Pemerintah Kembangkan dan Benahi Pariwisata

PALANGKA RAYA,canalberita.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah/DPRD Palangka Raya mendorong pemerintah daerah untuk melakukan pengembangan dan pembenahan pariwisata di Kota Palangka Raya.

Menurut Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya M Hasan Busyairi, sektor kepariwisataan saat ini menjadi salah satu sektor yang menjanjikan.

“Sektor pariwisata tidak hanya mampu berkontribusi bagi peningkatan pendapatan daerah, disisi lain mampu mendongkrak perekonomian masyarakat,” ucapnya, kemarin.

Ia megutarakan, beberapa waktu lalu telah dilaksanakan gelaran Union Cycliste Internationale (UCI) Mountain Bike (MTB) Eliminator World Cup 2022 seri ke 8, di Kota Palangka Raya. “Kita berharap dapat memberi dampak besar bagi sektor pariwisata,” pungkasnya.

“Memang sejauh ini sudah ada hasil pengembangan pariwisata di Kota Palangka Raya, banyak fasilitas yang diberikan oleh pemerintah untuk mengembangkan pariwisata. Seperti di Kereng Bangkirai, sudah ada toko souvenir. Begitupun sarana dan prasarana di dermaga sudah disiapkan,” timpalnya.

Namun demikian lanjut legislator dari Fraksi Partai Golkar Kota Palangka Raya, pembenahan sektor pariwisata di kota setempat harus tetap dilakukan secara berkelanjutan. Baik destinasi wisata Kereng Bangkirai, Sei Gohong dan tempat wisata lainnya di Kota Palangka Raya.

Selain itu, ia mengingatkan kepada pemerintah setempat, agar melibatkan masyarakat dalam melakukan pengembangan dan pembenahan setiap potensi wisata.

“Ketika ada even selanjutnya jika kota Palangka Raya menjadi tuan rumah, orang akan melihat apa yang menjadi daya tarik yang ada di Kota Palangka Raya. Termasuk bagaimana menyiapkan, dan mendorong produk UMKM lokal yang kita miliki untuk dikembangkan,” tambahnya

Selebihnya imbuh Hasan, ia juga mendorong agar fasilitas wisata di Kota Palangka Raya bisa lebih berbenah, sehingga bisa lebih dinikmati masyarakat selaku wisatawan nusantara, maupun wisatawan mancanegara.

(C2-CNB)