Warga Panik Trafo Listrik Meledak Keluarkan Api

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Suara ledakan dibarangi mati listrik di Jalan Dr Soetomo, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya membuat warga sekitar geger pada Selasa 16 Agustus 2022 dini hari.

Ternyata suara ledakan tersebut berasal dari transformator (Trafo) listrik dan terjadi percikan api, Tim Emergency Response Palangkaraya (ERP) dan BPK Putra Pahandut Palangkaraya mendapat informasi langsung bergerak ke lokasi kejadian.

Percikan api sempat keluar beberapa kali, terlebih yang meledak merupakan trafo pada gardu listrik utama. Tak ingin mengambil resiko terjadinya kebakaran, Tim ERP dan BPK Putra Pahandut berjaga di lokasi dekat gardu tersebut.

Jean Steve Austen selaku Ketua ERP membenarkan mereka menerima informasi adanya trafo listrik meledak dan menyebabkan percikan api Jalan Dr Soetomo. Sehingga kata Jean, mereka langsung mendatangi lokasi kejadian karena dikwatirkan menyebabkan kebakaran.

“Laporan masuk ke kami sekitar pukul 01.00 WIB. Disitu warga melaporkan ada gardu atau trafo listrik meledak di Jalan Dr Soetomo. Kemudian kami langsung menuluncur ke lokasi dengan membawa unit sebagai antisipasi terjadinya kebakaran, kebetulan ada juga rekan kita dari BPK Putra Pahadut,” terang Jean.

Ditambahkanya, memang di lokasi sempat terdengar suara ledakan dan pihaknya tidak berani menangani, hanya saja menghubungi pihak PLN.

“Tak lama teman-teman dari PLN langsung datang ke lokasi kejadian itu. Kita bersyukur tidak menyebabkan kebaran,” tutupnya.

Sementara, Gian selaku Komunikasi PLN Kalselteng UPT Palangka Raya membenarkan telah terjadi gangguan di salah satu trafo di Jalan Soetomo pada sekitar pukul 01.44 WIB.

“Penyebabnya Fuse Cut Out (FCO) lengket tidak mau lepas saat ada gangguan. Pada jam 02.17 WIB, gangguan tersebut sudah selesai recovery dan listrik dapat dinikmati pelanggan kembali,” sebutnya.

Fuse Cut Out adalah suatu alat pengaman untuk melindungi jaringan terhadap arus lebih yang mengalir melebihi dari batas maksimum, yang disebabkan karena hubung singkat atau beban lebih. (CNB1)