Masyarakat Kalteng Minta Bebaskan Penambang yang Ditangkap

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Puluhan masyarakat penambang emas yang mendatangi kantor DPRD Kalteng tersebut selain mencari solusi pasca penertiban ilegal mining yang dilakukan aparat penegak hukum baru-baru ini pihaknya juga meminta pembebasan rekan mereka yang ditanggap oleh aparat kepolisian.

Masyarakat dari 14 kabupaten Provinsi Kalteng yaang menggelar demonstrasi di depan pintu Gerbang kantor DPRD Kalteng, Rabu 10 Agustus 2022 sebagai bentuk kepedulian antar sesama penambang emas dan zircon.

“Selain solusi dari masalah dari para anggota DPRD Kalteng terkait larangan penambangan bedasarkan UU, kita juga meminta pembebasan tanpa bersyarat temen-teman kami yang ditangkap,” ucapnya koordinator lapangan Andreas Junaidi dalam aksi, Rabu 10 Agustus 2022.

Karena lanjutnya, setelah mereka ditangkap banyak keluarga mereka yang sengsara akibat ditangkapnya kepala keluarga mereka.

“Kita minta kebijakan hukum, karena tidak banyak keluarga dari yang ditangkap tidak bisa makan, maka dari itu kita meminta pertimbangan demi kemanusiaan,” terangnya.

Sampai diterbitkan berita ini, perwakilan pendemo dan anggota DPRD Kalteng sedang melakukan diskusi dan belum mendapatkan hasil.

Para Pendemo berharap apa yang mereka sampaikan bisa direalisasi, karena apabila tidak ada respon pihaknya akan membawa masa yang lebih banyak lagi. (k1)