Chelsea Kalah dari Leeds United Karena Tak Kuasa Bendung Kejeniusan Taktik Jesse Marsch

Leeds United meraih kemenangan terlampau meyakinkan atas Chelsea dengan skor 3-0 pada pekan ke-3 Liga Inggris 2022/2023. Jack Harrison, pemain sayap Leeds United, menyebutkan keberhasilan itu tidak lepas dari kemenangan taktikal Jesse Marsch atas Thomas Tuchel.

Leeds turun dengan formasi dasar 4-2-3-1. Beda halnya dengan Chelsea yang bermain dengan formasi 3-5-2. Melalui formasi tersebut, Leeds mampu mengisolasi pemain sayap Chelsea yang hanya terdiri dari satu lapisan saja.

Empat pemain terdepan Leeds, Jack Harrison, Brenden AaronsonDaniel James, dan Rodrigo jadi ancaman berbahaya untuk Chelsea. 12 upaya tembakan sukses dilancarkan.

Akan tetapi, Harrison merasa bahwa sang pelatih March menyiapkan strategi yang luar biasa. Detail dalam strategi berjalan sempurna.

Sejak memulai laga, Leeds ternyata bermain terbuka meladeni permainan proaktif dari Chelsea. Keputusan ini, disebut Harrison sangat tepat.

“Saya rasa kami mengeksekusi rencana taktik yang bagus dari Jesse [March]. Sejak kami tahu seberapa pentingnya kami harus melaksanakan pertandingan lebih kuat,” tutur dia kepada Sky Sports seusai laga.

“Semua orang dalam motivasi yang sama dan kami berhasil membuat dua gol di babak pertama.”

Harrison menyampaikan bahwa tim sekarang tidak perlu segan untuk mematok penampilan hari ini sebagai standar yang harus dilakukan di setiap pertandingannya.

“Tujuan kami saat ini adalah menargetkan performa yang sama seperti ini di setiap minggunya. Kami tahu ini akan jadi hal yang sulit,” ucap dia.

“Tapi mau tidak mau itulah tujuan terbaik yang bisa kami putuskan. Harapannya tim bisa melaju lebih jauh setelah ini.”

Whoscored mencatat ada empat kelebihan Leeds pada pertandingan ini, tanpa satupun kelemahan. Beda halnya dengan Chelsea yang mencatatkan empat kelemahan dan hanya punya satu kekuatan.

Kekuatan pertama Leeds adalah kemampuan mengkreasi peluang dari penguasaan bola yang dimainkan. Para penggawa The Leeds juga terbukti sangat piawai dalam merebut bola dari kaki para pemain Chelsea.

Kemampuan individu pemain Leeds dipuji karena bisa menciptakan lumayan banyak peluang mencetak gol. Kekuatan terakhir Leeds adalah efektif dalam menuntaskan setiap peluang yang ada.

(sumber: bola.net)