Nikon Akan Hentikan Produksi Kamera SLR, Fokus Bikin Mirrorless

canalberita.com — Nikon akan menghentikan produksi kamera SLR dan akan fokus memproduksi kamera mirrorless model baru.

Mengutip GSM Arena, Rabu (13/7/2022), Nikon beralasan persaingan dengan produsen smartphone yang memiliki keunggulan dalam kualitas kamera, secara tidak langsung telah menggeser industri kamera digital.

Selain itu, kamera ponsel pintar saat ini telah memiliki kualitas yang setara dengan kamera digital dan konsumen tidak lagi merasa perlu membeli kamera terpisah.

Menurut Asosiasi Produsen Kamera Jepang, penjualan kamera mirrorless mencapai 2,93 juta unit pada tahun 2020, melampaui jumlah pengiriman SLR yang mencapai 2,37 juta pada tahun yang sama.

“Kamera Nikon kalah bersaing dengan kamera smartphone, yang semakin banyak menampilkan kamera canggih, Nikon ingin mengalahkan mereka dengan menawarkan produk dengan fitur yang lebih unik. Canon juga diperkirakan akan berhenti membuat kamera SLR dalam beberapa tahun ke depan.” tulis Nikkei dalam laporannya.

Sementara itu, kamera mirrorless telah menyumbang hampir setengah dari pendapatan bisnis Nikon.

Menurut laporan Nikkei, Nikon masih akan memproduksi dan mendistribusikan kamera SLR, sembari mengalihkan produksinya ke kamera mirrorless secara bertahap.

Secara terpisah, Canon yang memimpin pasar kamera SLR dalam beberapa dekade terakhir, telah menyatakan kemunduran dari segi penjualan produk kamera SLR-nya.

Canon juga menyatakan bahwa EOS-1D X Mark III akan menjadi kamera DSLR andalan terakhirnya.

Tribun