China Sepakat Beli Satu Juta Ton Produk Kelapa Sawit Indonesia

JAKARTA , canalberita.com Belum lama ini pemerintah China telah sepakat membeli satu juta ton produk kelapa sawit beserta aneka produk pertanian lainnya dari Indonesia. Kesepakatan ini ungkap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, bakal menjaga harga kelapa sawit Indonesia dan harga tandan buah segar (TBS) sawit para petani sawit.

“Pemerintah akan terus menjaga petani sawit Indonesia dan pembukaan lapangan kerja,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Lebih lanjut  Erick menuturkan, Indonesia dan China merupakan mitra strategis lewat kerja sama yang saling menguntungkan di antara kedua negara. Langkah pemerintah Indonesia yang menjalin hubungan dagang dengan China, ungkap Erick, merupakan komitmen konkret dalam memajukan produktivitas pertanian dan juga kesejahteraan para petani.

Lebih lanjut ia menyampaikan Indonesia juga dapat meniru keberhasilan China yang mampu mengoptimalkan sumber daya alam dan pasar yang besar untuk kemajuan negerinya.

Sejatinya Indonesia yang memiliki kekayaan sumber daya alam dan pasar besar harus mampu melakukan hal serupa dengan tujuan untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pembukaan lapangan kerja bagi rakyat Indonesia. “Selama ini sumber daya alam dan market besar kita belum benar-benar optimal digunakan untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia, ini yang kita mau terus optimalkan,” tutur Erick.

Selain kerja sama perdagangan pada bidang pertanian, Indonesia juga telah menjalin kerja sama dalam sektor industri kendaraan listrik.

Erick menyebut kerja sama dengan China tak sekadar kerja sama dalam hal investasi, melainkan juga termasuk transfer teknologi hingga penyelesaian kereta cepat yang menjadi komitmen bersama antara Indonesia dengan China.

 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canalberita.com dengan infosawit.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, 
video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab infosawit.com.