Presiden Jokowi Akhiri Kunjungan di Tiga Negara

canalberita.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini dijadwalkan kembali ke Tanah Air setelah mengakhiri kunjungan selama tujuh hari di tiga negara.

Presiden Jokowi dan rombongan bertolak dari Bandara Internasional Al Maktoum, Dubai, Persatuan Emirat Arab (PEA) dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia berkode GIA-1, pada sekitar pukul 21.35 waktu setempat (WS) atau Jumat, 5 November 2021 pukul 00.35 WIB.

Selama berada Dubai, Presiden Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri (PM) dan Ruler atau Emir Dubai PEA Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum (MBR).

Presiden Jokowi bersama Pangeran MBR menyaksikan pertukaran sejumlah nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam berbagai bidang.

Lawatan Presiden Jokowi ke PEA menghasilkan komitmen bisnis dan investasi senilai US$ 32,7 miliar dari 19 perjanjian kerja sama. PEA merupakan negara ketiga yang dikunjungi Kepala Negara setelah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Roma, Italia, pada 30-31 Oktober 2021.

Pada KTT G-20, Presiden Jokowi menerima presidensi atau keketuaan G-20 Indonesia dari Perdana Menteri Italia, Mario Draghi. Selanjutnya, Presiden Jokowi menghadiri KTT Pemimpin Dunia COP-26 di Glasgow, Skotlandia, Inggris Raya pada 1-2 November 2021.

Pada pertemuan itu, Presiden Jokowi menyampaikan langkah nyata yang telah dilakukan Indonesia dalam penanganan perubahan iklim, mengingat perubahan iklim adalah ancaman besar bagi kemakmuran dan pembangunan global.

Ia juga menjelaskan tentang upaya Indonesia merehabilitasi hutan mangrove seluas 600.000 hektare sampai 2024, dan ini adalah yang terluas di dunia. Indonesia juga telah merehabilitasi 3 juta lahan kritis antara 2010-2019.

Rencananya, pesawat GIA-1 yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan akan mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Banten pada Jumat (5/11/2021) pagi.

 

berita satu