Konferensi Internasional Bahas Dukungan Kemerdekaan Palestina dari Tiongkok

canalberita.com — Turki menjadi tuan rumah konferensi internasional pertama yang membahas hubungan Tiongkok dengan Palestina, Sabtu (30/10/2021). Konferensi ini dihadiri para ahli dan akademisi dari seluruh dunia.

Selain hubungan Tiongkok dan Palestina, konferensi juga mendiskusikan peran dan dampak Tiongkok terhadap konflik Palestina-Israel. Konferensi tersebut diselenggarakan oleh Forum Timur Tengah Asia.

“Konferensi ini akan mengangkat hubungan sejarah Tiongkok-Palestina dan berdiri di atas ikatan politik dan budaya yang paling penting,” ujar penyelenggara dari Forum Timur Tengah Asia, dikutip dari Anadolu, Jumat (5/11/2021).

16 pembicara, termasuk dari Tiongkok, dijadwalkan hadir. Mereka juga membahas dukungan Tiongkok dalam kemerdekaan Palestina.

“(Dukungan) Melawan pendudukan (Israel) (di Palestina) dan dampak konflik AS-Tiongkok terhadap perjuangan Palestina,” kata penyelenggara.

Topik lainnya juga dibahas. Seperti visi dan strategi Tiongkok dan sifat peran kebangkitan dan pembangunannya di tingkat Asia Barat.

“Perdebatan juga akan mengantisipasi peran Tiongkok dalam upaya mencapai solusi yang adil dan komprehensif untuk masalah Palestina,” jelas penyelenggara.

“Konferensi itu juga akan membahas visi Palestina tentang peran Tiongkok di Timur Tengah,” imbuhnya.

Tiongkok sendiri diketahui mendukung kemerdekaan Palestina dari Israel. Mereka berjanji akan terus mengawal prosesnya. Dukungan ini dinyatakan berkali-kali, terutama saat konflik kedua negara memanas, dan Amerika Serikat (AS) ‘pasang badan’ membela Israel.

“Kami akan terus mendukung dengan tegas rakyat Palestina dalam upaya mereka yang adil guna memulihkan hak-hak mereka yang sah dan mendirikan negara merdeka. Tiongkok akan terus memainkan peran yang positif dan konstruktif hingga saat ini,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Tiongkok, Wang Wenbin saat menyikapi normalisasi diplomatik Israel dengan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain, Senin (14/9/2020).

Duta Besar Tiongkok Zhang Jun di Dewan Keamanan PBB, pada Rabu (22/7/2020), juga mengatakan bahwa Presiden Tiongkok Xi Jinping, menyebut bahwa negaranya, “teman tulus rakyat Palestina.” Ini disampaikan menyikapi kekhawatiran Tiongkok atas pencaplokan wilayah Palestina yang terus dilakukan Israel.

 

berita satu