Korut Gelar Parade Militer Besar-besaran Tengah Malam

canalberita.com — Korea Utara (Korut) diduga telah menggelar parade militer besar-besaran pada Rabu (8/9) tengah malam memasuki Kamis (9/9) dini hari yang merupakan hari nasional rezim komunis ini. Parade militer ini merupakan yang ketiga digelar Korut kurang dari setahun terakhir.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Kamis (9/9/2021), parade militer Korut sebelumnya dimanfaatkan untuk mengungkapkan persenjataan atau perlengkapan militer baru termasuk rudal balistik berukuran besar.

Laporan kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap News Agency menyebutkan bahwa parade militer terbaru digelar di ibu kota Pyongyang pada Kamis (9/9) dini hari. Sedangkan media pemantau Korut, NK News, yang mengutip sejumlah sumber melaporkan bahwa parade militer dimulai pada Rabu (8/9) tengah malam.

Tanggal 9 September yang jatuh pada hari Kamis diketahui merupakan 73 tahun berdirinya Republik Demokratik Rakyat Korea, atau hari nasional Korut.

Laporan NK News menyebut warga Korut tampak melakukan persiapan untuk parade militer di dekat Alun-alun Kim Il-Sung, Pyongyang, pada tengah malam. Dilaporkan bahwa ruas jalanan Pyongyang ditutup sementara dan tidak ada kendaraan sipil yang terlihat.

Disebutkan juga oleh sejumlah sumber yang dikutip NK News bahwa pesta kembang api digelar di pusat kota Pyongyang pada Rabu (8/9) tengah malam dan pada Kamis (9/9) dini hari sekitar pukul 01.00 waktu setempat, yang mengindikasikan bahwa acara digelar pada periode waktu tersebut.

Ada juga laporan yang menyebut sejumlah jet tempur terdengar mengudara di langit gelap.

“Ada tanda-tanda bahwa Korea Utara menggelar parade militer di Pyongyang setelah tengah malam. Militer (Korsel) tengah menganalisis tanda-tanda itu,” sebut sumber militer yang tidak disebut namanya seperti dikutip Yonhap News Agency.

Belum diketahui secara jelas sistem militer apa yang dipamerkan Korut dalam parade militer terbaru itu, juga apakah pemimpin mereka, Kim Jong-Un, menghadiri langsung parade itu.

Media nasional Korut belum merilis foto-foto maupun propaganda soal parade militer itu.

Pada Januari lalu, Korut menggelar parade militer besar-besaran pada malam hari, tepatnya sebelum Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, dilantik. Saat itu, Korut memamerkan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam dalam parade militer di alun-alun Kim Il-Sung yang dihadiri Kim Jong-Un.

 

detik.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.