Harga CPO di Pasar Global Membaik, Petani Kelapa Sawit Bersyukur

CanalBerita–Harga minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di pasar global berada di atas level US$1.000 per MT. Peguatan tersebut berdampak positif bagi petani kelapa sawit, karena harga tandan buah segar (TBS) cenderung stabil.

Melansir dari www.wartaekonomi.co.id, petani kelapa sawit di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, sangat bersyukur karena harga TBS yang dalam beberapa pekan terakhir ini stabil di angka Rp2.000 per kilogram.

Salah seorang petani, Gianti, mengaku, semangatnya makin menggebu karena harga yang bagus akan meningkatkan penghasilannya. Dia mengatakan, faktor harga membuatnya termotivasi untuk meningkatkan produksi dan merawat kebunnya lebih baik.

Tahapan Pilkada 2024

“Harga TBS kelapa sawit di Kabupaten Mesuji saat ini stabil pada harga yang relatif tinggi. Sebelumnya, harga pernah anjlok hingga Rp1.200 per kilogram,” katanya seperti dikutip elaeis.co.

Menurutnya, upaya yang dilakukan petani untuk meningkatkan produksi dan kualitas TBS adalah dengan rajin melakukan pemupukan. “Pupuk mencapai sekitar 700 kilogram per satu hektare lahan sawit,” ungkap Gianti.

Dia mengaku, saat ini memiliki kebun kelapa sawit di tiga lokasi di Kecamatan Tanjung Raya dan semuanya sudah berproduksi. “Satu kali panen mampu menghasilkan 10 ton apabila kualitas buah membaik di musim hujan,” kata Gianti.

Petani lainnya, Yanto dari Kecamatan Way Serdang, juga berharap harga yang berlaku sekarang bisa bertahan lama. Dia mengaku, hasil dari 4 hektare kebun sawit miliknya yang mampu berproduksi 7-9 ton sekali panen lebih dari cukup untuk menafkahi keluarganya.

“Kenaikan harga TBS menggembirakan petani kelapa sawit di Kabupaten Mesuji di tengah-tengah pandemi Covid-19 saat ini,” kata Yanto.

(Redaksi CanalBerita)