Untung J Bangas: Jangan Sampai Karena Kemajuan Teknologi Kehilangan Identitas Sebagai Dayak

KUALA KURUN,canalberita.com -Anggota DPRD Gumas Untung J Bangas  mengharapkan dengan masyarakat agar budaya kearifan lokal suku Dayak mesti dipertahankan.

Menurut Jagau,  jangan sampai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi kehilangan akan identitas diri sebagai orang yang memiliki budaya.

“Kita mengharapkan dengan masyarakat Dayak mesti menjaga adanya kearifan lokal. Hal ini jangan sampai hilang oleh karena kemajuan Intek dan perkembangan budaya secara global,” ucapnya,  Jumat (9/9).

Lebih lanjut Untung mengatakan, dalam kearifan lokal suku Dayak adalah sebuah kekayaan di kehidupan budaya Bangsa Indonesia, terutama di Kabupaten Gumas.

“Kearifan lokal itu, yang sesunguhnya adalah sebuah budaya Dayak yang memberikan pesan moral agar anak cucu dalam menjaga kelestarian jangan sampai hilang,” tukasnya.

Dalam budaya Dayak tidak saja diakui oleh dunia, bahkan dalam status hukum Indonesia, imbuhnya. Pasalnya, kearifan lokal adalah nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara lestari.

“Suku Dayak sebagai pengetahuan berdasarkan pengalaman orang-orang yang diturunkan dari generasi ke generasi. Terkadang oleh mereka yang dianggap sebagai filosofi desa sebagai pedoman untuk kegiatan sehari-hari masyarakat di seperti di desa,” ungakpnya.

(C1-CNB)

Anggota DPRD GumasDayakUntung J Bangas