Sekda Kalteng: Remaja Dalam Perannya Turut Membangun Keluarga Berkualitas

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin mengapresiasi program kerja BKKBN yang memfasilitasi terbentuknya remaja yang memiliki perencanaan baik itu dalam karir, maupun pekerjaan, bahkan di dalam mempersiapkan kehidupan berkeluarga melalui Generasi Berencana atau Genre.

Besar harapan saya melalui Apresiasi Duta dan Jambore Ajang kreatifitas Genre ini kelak akan terpilih seorang role model dari generasi muda, yang dapat mengedukasi, dan juga mampu menginspirasi seluruh generasi remaja yang ada di Kalimantan Tengah, sehingga mereka memiliki kompetensi dan daya saing untuk menjadi generasi yang berkualitas demi mewujudkan Kalteng Berakhlak Penuh dengan Keberkahan,” ucapnya saat menghadiri Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas Genre Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022, yang dilaksanakan di Hotel Aquarius Palangka Raya, Selasa 21 Juni 2022.

Dikatakan, dengan generasi remaja sebanyak ini, diharapakan menjadi generasi yang berdaya dan produktif sehingga menjadi aset paling berharga bagi Kalimantan Tengah dan juga bagi Negara Indonesia, yang mana ditangan merekalah kelangsungan negara ini dititipkan. Bonus demografi akan membawa keberhasilan saat kondisi remajanya, sehat dan berkualitas, sehingga mampu berkontribusi sebagai generasi unggul dan berkarakter dalam mewujudkan Bonus yang sebenarnya.

Selain itu, program Genre yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa, merupakan wadah generasi untuk membantu remaja membangun kesadaran pentingnya perencanaan, yaitu melalui 5 transisi kehidupan remaja, seperti mempraktikan hidup bersih dan sehat, merencanakan pendidikan, merencanakan karir atau pekerjaan, menjadi masyarakat yang baik dan membangun keluarga yang berkualitas.

Untuk itu remaja Genre dalam perannya turut membangun keluarga berkualitas diharapkan komitmen yang serius dalam upaya percepatan penurunan stunting di provinsi Kalimantan Tengah, sebab remaja merupakan target sasaran yang utama, dalam pencegahan stunting dari hulu karena dilakukan jauh sebelum terjadinya pernikahan dan konsepsi,” lugasnya.

Hal ini dilakukan, lanjut Nuryakin sebagai upaya menutup setiap celah potensi risiko yang dapat mengakibatkan anak lahir stunting, mulai dari Fase Remaja.

Melalui pendekatan teman sebaya dan pendidik sebaya yang berbasis dari remaja, oleh remaja dan untuk remaja, maka peran Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau PIK-R dapat menjadi wadah yang tepat bagi mereka untuk berkumpul, berdiskusi, bertukar informasi dalam hal kesehatan reproduksi, gizi dan penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja,” tandasnya.

Pada kegiatan Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreatifitas Genre tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022 diminta saling bersinergi dan berkomitmen, dalam menyusun arah kebijakan pengembangan program khususnya program Banggakencana dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Marilah kita saling memperkuat sinergitas lintas sektor antara lembaga pemerintahan, mitra kerja serta berbagai organisasi kepemudaan lainnya, mudah-mudahan dengan membangun sinergitas yang baik, kita akan menghasilkan output yang lebih baik lagi, dalam rangka perwujudan Ela Hindai Stunting di bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah yang kita cintai,” harapnya. (BS/CNB)

Sekda Kalteng