Muhadjir Temukan Banyak Warga Teluk Naga Bansosnya Terhenti

canalberita.com — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau distribusi bantuan sosial atau bansos di Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Selasa (10/8/2021).

Muhadjir mengatakan, banyak keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang jatah bantuan sosial (bansos) terhenti.

“Jadi sudah hampir satu tahun dia tidak dapat bantuan, walaupun masih punya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Kartu KKS-nya masih ada, tetapi bantuannya terhenti. Padahal mereka secara ekonomi kalau dilihat dari rumah-rumahnya, kemudian jumlah keluarga, itu sebetulnya masih layak mendapatkan bantuan,” kata Muhadjir dalam keterangan pers diterima Beritasatu.com, Selasa (10/9/2021).

Muhadjir mengatakan, penyebab bansos terhenti itu adalah perubahan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sedang dilakukan pihak Desa Teluknaga.

Selain itu banyak warga yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), serta masalah tidak sinkronnya dengan data yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kemdagri.

Agar warga bisa diusulkan ulang untuk mendapatkan bansos reguler pemerintah, Muhadjir meminta kepada pihak desa untuk gotong royong bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan pendamping PKH untuk mempercepat proses pembaruan DTKS.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini meminta pihak desa untuk berkoordinasi dengan pihak Disdukcapil terkait masalah warga belum memiliki NIK.

“Saya juga akan bicara dengan Bu Mensos (Tri Rismaharini) untuk diakomodasi mereka-mereka ini. Ini sangat membutuhkan apalagi sekarang dalam suasana yang sangat prihatin ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, Desa Teluknaga lokasi kunjungan Muhadjir tengah terdampak banjir akibat hujan dengan intensitas sedang yang melanda dari malam sampai pagi ini. Di kesempatan itu, Muhadjir membagikan paket bantuan sosial dari hasil donasi pegawai Kemko PMK kepada warga, serta membagikan masker kepada masyarakat.

 

(Sumber: Berita Satu)