Pemko Palangka Raya Terus Tingkatkan Penanganan HIV/AIDS

CANALBERITA.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya akan terus meningkatkan sosialisasi, pelayanan dan penanganan orang dengan HIV/AIDS (ODHA), dan menekan penyebaran kasus HIV/AIDS.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Palangka Raya, Hj. Umi Mastikah usai menghadiri peringatan Hari AIDS sedunia, yang diselenggarakan oleh Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis 9 Desember 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintah Provinsi Kalteng, H. Katma F. Dirun mewakili Gubernur, H. Sugianto Sabran dan membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Dalam memperingati Hari AIDS sedunia itu diawali dengan senam bersama di Area Bundaran Besar Palangka Raya, Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis untuk masyarakat serta beberapa kegiatan lain yang merupakan sosialisasi anti AIDS dan HIV.

Wakil Wali Kota Umi Mastikah usai kegiatan mengungkapkan bahwa, Pemerintah Kota Palangka Raya akan terus melakukan sosialisasi dan pelayanan untuk penanganan ODHA, kasus peningkatan penyebaran HIV/AIDS tersebut.

“Meskipun ini merupakan PR besar kita bersama, mengingat penutupan lokalisasi serentak se-Indonesia, penyandang ODHA saat ini tidak hanya kalangan mantan pekerja,” ungkapnya.

Lebih lanjut Umi mengungkapkan, lokalisasi saja juga bisa dari kalangan berpotensi seperti akibat pemakaian alat kesehatan tertentu yang tidak steril dan pasangan hidup bahkan anak dari penderita ODHA yang belum teredukasi tentang penanganan ODHA.

“Saya berharap di Kota Palangka Raya dalan penanganan ODHA ini bisa kita tekan,” tutup Hj. Umi Mastikah. (BS/CNB)