Ini Daftar Lengkap Kerusakan Akibat Gempa Bumi Tuban-Bawean

JAKARTA,CanalBerita-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mengungkapkan terdapat puluhan rumah dan fasilitas publik rusak akibat serangkaian gempa yang terjadi di perairan utara tuban dan Pulau Bawean, Jawa Timur pada Jumat (22/3) atau gempa Bawean.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, dalam akun X-nya mengungkapkan bahwa gempa itu lebih tepat disebut gempa Bawean. Hal itu berdasarkan kedekatan dengan sumber gempa dan tingkat makroseismik/dampak gempa.

“Maka nomenklatur yang tepat adalah Gempa Bawean bukan Gempa Tuban.”

Adapn BMKG mencatat dua gempa signifikan terjadi di wilayah tersebut. Yang pertama terjadi pukul 11.22 WIB dengan magnitudo 5,9 yang berjarak 37 kilometer arah Barat pulau Bawean. Kedua, terjadi pukul 15.52 WIB dengan magnitudo 6,5 yang berjarak 35 kilometer arah Barat Pulau Bawean.

Hingga pukul 23.04 WIB, gempa susulan tercatat terjadi hingga 110 kali dengan kekuatan bervariasi antara M2 hingga M6,5.

Gempa ini menyebabkan kerusakan yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur. Selain itu ada pula dua kendaraan rusak dan dua korban luka akibat gempa tersebut.

“Total dampak kerusakan, yakni rumah rusak ringan 51 unit, rumah rusak sedang 13 unit, rumah rusak berat 5 unit,” kata Kepala BPBD Jatim Gatot Soebroto dalam keterangannya, Sabtu (23/3/2024) dini hari, dikutip dari CNN Indonesia.

Tak hanya itu, gempa ini juga menyebabkan kerusakan pada 2 unit sekolah, 4 unit rumah sakit, 1 unit pondok pesantren, 5 unit kantor desa, 3 unit tempat ibadah, 2 unit kandang ternak, 1 unit gedung, dan 2 unit sepeda motor.

Selain itu, gempa ini juga menyebabkan dua korban mengalami luka ringan. Pertama, atas nama Hasi’ah (71), warga Tambak, Bawean, Gresik yang mengalami sobek di bagian kepala karena tertimpa genting roboh. Kemudian, korban kedua adalah Mohayaroh (28), warga Tanah Merah, Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya yang mengalami luka di bagian kaki karena tertimpa material bangunan roboh.

Berikut daftar lengkap kerusakan yang disebabkan gempa Tuban-Bawean:

Pulau Bawean

Gatot memaparkan kerusakan-kerusakan yang disebabkan gempa Tuban-Bawean. Di Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, tepatnya di Desa Sungairijung, kerusakan terjadi di SMAN 1 Sangkapura dan kantor desa setempat.

Selanjutnya kerusakan menimpa SD Muhammadiyah 1 di Desa Kotakusuma. Kemudian, di Desa Dekatagung terdapat rumah rusak ringan sebanyak 3 unit, sedangkan di Desa Sangkapura dilaporkan 1 pondok pesantren mengalami kerusakan.

Terdapat rumah rusak ringan sebanyak 15 unit, dan masjid rusak 2 unit di Desa Gunung Teguh terdapat. Sementara di Desa Patarselamat rumah rusak ringan 2 unit dan Desa Sawahmulya rumah sakit rusak 1 unit.

Kerusakan juga terjadi di wilayah Kecamatan Tambak. Dilaporkan, di Desa Telukjatiwadang, ada 4 rumah dan 1 rusak ringan dan 1 rumah rusak berat. Lalu di Kelompanggubug rumah rusak ringan 1 unit, rumah rusak sedang 3 unit dan rumah rusak berat 1 unit.

Di kecamatan yang sama, dilaporkan terdapat rumah rusak ringan ada 11 unit, rumah rusak sedang 7 unit dan rumah rusak berat 1 unit di Desa Pekalongan. Di Desa Tambak rumah rusak ringan 1 unit, dan di Desa Gejeg dilaporkan ada rumah rusak sedang sebanyak 2 unit.

Gresik

Kerusakan di Gresik terjadi di di Kecamatan Duduksampeyan, Desa Wadak Kidul dengan 1 rumah mengalami rusak ringan. Selanjutnya, terjadi kerusakan pada 1 unit gedung perkantoran di Kecamatan Gresik.

Tuban

Kerusakan di Tuban terjadi di Desa Desa Glagah, Kecamatan Soko yakni rumah rusak berat 1 unit. Di Desa Ngadirejo dan Banjararum Kecamatan Rengel terdapat rumah rusak ringan 2 unit.

Kemudian di Desa Klampok, Kecamatan Semanding terdapat kandang ayam rusak 1 unit. Di Desa Dagangan, Kecamatan Parengan terdapat 1 unit balai desa rusak.

Di Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, 1 klenteng dilaporkan rusak. Kemudian, terdapat 1 unit rumah rusak, masing-masing di Desa Boncong, Kecamatan Bancar; Desa Lajolor, Kec Singgahan; Desa Palang, Kecamatan Palang.

Di Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang terdapat kandang rusak sebanyak 1 unit. Kemudian di Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek tercatat rumah rusak berat 1 unit.

Surabaya

Kerusakan terjadi di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya, menimpa 1 rumah sakit, yakni RSUD Soewandhie. Tercatat ada pula 1 rumah warga rusak ringan.

Di Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Mulyorejo 1 rumah sakit juga dilaporkan rusak yakni RS Universitas Airlangga. Di tempat yang sama dua unit sepeda motor juga dilaporkan rusak.

Di Kelurahan Kapasari, Genteng juga tercatat 1 unit rumah mengalami rusak ringan. Di Kelurahan Ketabang, Genteng 1 unit Gedung Sawunggaling Jimerto dinyatakan rusak.

Lamongan

Di Lamongan, kerusakan terjadi di Kecamatan Karangbinangun, tepatnya di Desa Blawi. Di wilayah ini tercatat satu masjid rusak, satu rumah sakit yakni RS Intan Medika juga terdampak kerusakan.

Di Desa Palangan, Karangbinangun 1 rumah rusak ringan. Kemudian di Desa Parengan, Kecamatan Maduran 1 kendaraan roda dua juga dikabarkan rusak.

Desa Konang, Kecamatan Glagah terdapat empat rumah rusak ringan, Desa Karangturi 1 rumah dan 1 balai desa rusak ringan. Kemudian di Desa Morocalan 1 balai desa juga dilaporkan rusak ringan.

Bojonegoro

Di wilayah Bojonegoro, kerusakan terjadi di Desa Kuncen, Kecamatan Padangan dengan 1 unit kantor Kecamatan rusak.

Pamekasan Madura

Di Pamekasan Madura, gempa menyebabkan kerusakan di Dusun Masaran, Desa Panaguan, Kecamatan Larangan dengan 1 unit rumah rusak sedang.

Sumber: cnbcindoensia