Kaum Perempuan Rusia Tuntut Anak dan Suami Mereka Dipulangkan dari Perang Ukraina

MOSKOW,CanalBerita – Perang Rusia di Ukraina hampir memasuki tahun keduanya. Ini membuat semakin banyak gerakan perempuan Rusia yang menuntut suami, putra dan saudara laki-laki mereka untuk pulang.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada September tahun lalu telah mengeluarkan keputusan untuk memobilisasi warganya untuk bertempur di Ukraina.

Awalnya, gerakan ini berjanji setia pada apa yang disebut Kremlin sebagai “operasi militer khusus” (SVO), namun apa yang mereka anggap sebagai respons asal-asalan yang mereka terima justru memperkuat pendapat mereka.

Salah satu perempuan yang memperjuangkan hal itu adalah Maria Andreeva. Sejak suami Andreeva dimobilisasi tahun lalu dan menuju ke Ukraina, dia kembali hanya dua kali untuk istirahat singkat buat menemui istri dan putrinya yang masih kecil.

Andreeva mengatakan ini tidak cukup untuk seorang tentara yang berperang dalam suatu konflik. “Kami ingin orang-orang kami didemobilisasi sehingga mereka dapat kembali ke rumah karena kami pikir selama lebih dari setahun mereka telah melakukan semua yang mereka bisa – atau bahkan lebih,” kata Andreeva (34) kepada Reuters dalam sebuah wawancara di Moskow.

“Bagi saya, ini bukan hanya perjuangan untuk memastikan putri saya punya ayah, tapi juga perjuangan untuk pernikahan saya,” imbuhnya seperti dikutip dari kantor berita yang berbasis di Inggris itu, Selasa (5/12/2023).

Mengatasi gerakan ini adalah masalah yang rumit bagi Kremlin. Moskow, yang mengirimkan puluhan ribu tentara ke Ukraina pada Februari 2022, dalam perang-perang sebelumnya menoleransi jumlah korban tewas yang lebih tinggi daripada yang bisa diterima secara politik di negara-negara Barat.

Namun meningkatnya pergerakan perempuan Rusia menggarisbawahi kompleksitas dan ketidaksetaraan bawaan yang menyebabkan begitu banyak laki-laki berperang dalam jangka waktu yang lama, sementara lebih banyak lagi orang yang berada dalam usia berperang dan tetap berada di rumah.

Sekelompok ibu tentara Rusia berkampanye untuk kondisi yang lebih baik bagi putra-putra mereka yang bertugas di angkatan bersenjata ketika Uni Soviet runtuh, dan kemudian untuk kembalinya mereka dari perang di wilayah Chechnya, Rusia.

Terlalu dini untuk menilai besaran atau dampak pergerakan perempuan Rusia di masyarakat yang menurut pihak berwenang mendukung upaya perang. Perempuan di Ukraina juga menuntut laki-laki mereka diizinkan kembali bertugas di barisan depan.

Ketika ditanya tentang bahayanya bersuara di masa perang di Rusia, Andreeva berkata: “Saya ingin Anda memahami: hal ini tidak lagi menakutkan karena tidak mungkin lagi menanggung semua ini. Ini sudah keterlaluan.”

Reuters tidak mencari atau menerima informasi militer atau informasi sensitif lainnya dari Andreeva. Dia meminta suaminya tidak disebutkan namanya.

Andreeva mengatakan petisi untuk memulangkan laki-laki mereka hampir tidak mendapat tanggapan, dan Kementerian Pertahanan Rusia hampir tidak terlibat dengan perempuan tersebut.

Andreeva mengungkapkan bahwa kurangnya respons dari Kementerian Pertahanan telah membuat beberapa perempuan Rusia untuk berhenti bersikap seperti “gadis baik” atas tuntutan mereka dan mengubah persepsi mereka terhadap konflik.

“Posisi kami pada awalnya adalah: Ya, kami memahami mengapa hal ini diperlukan, kami mendukungnya, kami menempati posisi yang agak loyal,” katanya. “Tetapi sekarang posisinya – termasuk saya – berubah karena kami melihat bagaimana kami diperlakukan, dan bagaimana suami kami diperlakukan,” imbuhnya.

Protes yang direncanakan oleh para perempuan tidak mendapatkan persetujuan pihak berwenang untuk dilanjutkan. Andreeva mengungkapkan mereka justru dituduh mendapat dukungan dari para pembangkang dan partai oposisi yang berbasis di Barat. “Sebuah penghinaan tanpa dasar,” tegas Andreeva.

Saluran Telegram “Way Home” mereka memiliki 23.000 anggota.

Bulan lalu, dua perempuan menghujani anggota parlemen Vitaly Milonov dengan pertanyaan blak-blakan tentang kepulangan laki-laki mereka, dan menusuk upayanya untuk mengesampingkan pertanyaan mereka dengan kalimat tentang patriotismenya sendiri.

“Kami semua orang Rusia di sini,” sela seseorang dalam klip video yang diposting online. “Kapan mereka yang dimobilisasi akan diubah?” imbuhnya. “Tentu saja akan ada (pergantian). Kami akan menang dan semuanya…” kata Milonov.

“Oh, kami sudah mendengar semua itu sebelumnya,” sela wanita itu.

Bagi Andreeva, serta para istri, ibu, dan saudara perempuan lainnya, ketimpangan beban perang merupakan keluhan yang penting. Meskipun restoran-restoran mewah di Moskow akan menyajikan anggur berkualitas dan truffle selama periode perayaan Tahun Baru, beberapa pria malah kedinginan di parit di depan.

“Kami memiliki 1 persen populasi yang menanggung seluruh beban SVO di garis depan, sementara 99% lainnya sedang mempersiapkan Tahun Baru dan bersenang-senang,” kata Andreeva.

“Bersenang-senang bukanlah hal yang buruk bagi anak laki-laki atau keluarga kita,” tukasnya.

Sumber: sindonews.com