Israel Kembali Serang Gaza Usai Upaya Gencatan Senjata PBB Gagal

JAKARTA,CanalBerita-Israel melanjutkan serangannya terhadap militan Hamas di Gaza usai Amerika Serikat (AS) menolak upaya luar biasa PBB untuk menyerukan gencatan senjata dalam gempuran yang telah berlangsung selama dua bulan ini.

Hamas dan Otoritas Palestina pun langsung mengutuk veto AS karena jumlah korban tewas di Gaza sudah mencapai 17.478 orang, di mana sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak.

Menurut Kementerian Kesehatan Hamas, serangan Israel di kota selatan Khun Yunis menewaskan enam orang. Sementara lima orang lainnya tewas dalam serangan terpisah di Rafah.

Israel telah bersumpah untuk menghabisi Hamas atas serangan yang dilakukan pada 7 Oktober silam, ketika para militan menerobos masuk ke perbatasan militer Gaza dan menewaskan sekitar 1.200 orang, di mana 138 di antaranya masih dalam tawanan.

Sebagian besar wilayah Gaza telah hancur menjadi puing-puing. PBB mengatakan bahwa sekitar 80 persen penduduk di sana telah mengungsi dan dilaporkan terjadi kekurangan makanan, bahan bakar, air, dan obat-obatan.

“Sangat dingin dan tenda ini sangat kecil. Yang saya miliki hanyalah pakaian yang saya kenakan, saya masih belum tahu apa langkah selanjutnya,” kata Mahmud Abu Rayan, yang mengungsi dari Beit Lahia di bagian utara, dilansir dari AFP.

Sebelumnya sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB yang berencana menyerukan gencatan senjata telah diveto oleh AS pada Jumat (8/12).

Utusan AS Robert Wood mengatakan bahwa resolusi tersebut “tidak sesuai dengan kenyataan” dan “tidak akan mengubah keadaan di lapangan”.

“(Gencatan senjata) akan mencegah keruntuhan organisasi teroris Hamas, yang melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan, dan akan memungkinkan mereka untuk terus memerintah Jalur Gaza,” ucap Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen.

Hamas kemudian mengecam penolakan AS terhadap tawaran gencatan senjata pada Sabtu (9/12).

Perdana Menteri Palestina Mohammed Shtayyeh mengatakan bahwa veto itu merupakan “aib dan cek kosong yang diberikan kepada negara penjajah untuk melakukan pembantaian, penghancuran, dan pengusiran”.

Veto tersebut pun dikecam oleh kelompok-kelompok kemanusiaan. Bahkan Dokter Tanpa Tapal Batas (MSF) mengatakan bahwa Dewan Keamanan PBB” terlibat dalam pembantaian yang sedang berlangsung”.

Militer Israel sebelumnya mengatakan bahwa mereka telah menyerang 450 target di Gaza selama 24 jam, menunjukkan rekaman serangan dari kapal-kapal angkatan laut di Mediterania.

Kementerian Kesehatan Hamas melaporkan 40 orang tewas di dekat Kota Gaza di bagian utara, dan puluhan lainnya di Jabalia dan kota utama di bagian selatan, Khan Yunis.

Sumber: cnnindonesia