3 Warga Ukraina di Kherson Tewas Ditembak Pasukan Rusia

KYIV,CanalBerita – Beberapa serangan Rusia di sekitar kota Kherson, Ukraina selatan, menewaskan tiga orang warga Ukraina. Serangan tersebut juga melukai sedikitnya selusin orang.

“Tiga orang tewas dalam serangan penembakan terpisah sepanjang hari itu,” kata Gubernur regional Kherson, Oleksandr Prokudin, dilansir AFP, Jumat (17/11/2023).

Kherson direbut kembali oleh pasukan Ukraina tahun lalu. Namun sejak itu, pasukan Rusia terus menerus menembaki warga Ukraina dari seberang sungai Dnipro.

Tiga warga tewas itu di antaranya pria berusia 68 tahun, yang ditembak pagi hari. Sementara serangan pada malam hari menewaskan wanita berusia 75 tahun di apartemennya. Penembakan Rusia di Bilozerka, sekitar delapan kilometer (lima mil) barat Kherson, menewaskan seorang dan melukai empat lainnya pada hari itu.

“Serangan malam itu juga melukai delapan orang, enam di antaranya dirawat di rumah sakit dan menyebabkan pemadaman listrik sebagian di kota garis depan tersebut,” ucap Prokudin dalam sebuah postingan di media sosial.

Sementara itu, Angkatan Udara Ukraina mengatakan pihaknya telah menjatuhkan satu rudal jelajah dan 16 dari 18 drone serang rancangan Iran yang diluncurkan oleh pasukan Rusia semalam.

Pengumuman ini muncul setelah pemasok energi Ukraina, DTEK Group, mengatakan penembakan Rusia telah merusak infrastruktur jaringan listrik di wilayah garis depan, tanpa menyebutkan secara spesifik di mana lokasinya.

Kelompok itu mengatakan penembakan menyebabkan kerusakan serius, namun tidak ada korban jiwa.

Kyiv telah memperingatkan Rusia kemungkinan akan meningkatkan serangan udara terhadap target energi menjelang musim dingin, seperti yang terjadi tahun lalu.

Sumber: detik.com