Dalam Sepekan Dua Fasilitas Umum di Kota Palangka Raya Terbakar

PALANGKA RAYA,Canalberita-Dalam sepekan, telah terjadi dua kali  insiden kebakaran menimpa fasilitas umum. Empat hari sebelumnya, tepatnya  pada Kamis, 20 Juli 2023 dini hari  api membakar Kantor Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kota Palangka Raya di Jalan Tjilik Riwut.

Dalam insiden tersebut, arsip pemilu secara fisik dari tahun 2018 sampai tahun 2023 habis terbakar,  termasuk uang tunai kegiatan sebesar Rp 70 juta juga ikut terbakar.  Kali ini kebakaran kebakaran kembali terjadi menimpa Gedung SDN 9 Langkai di Jalan Nyai Balau, Kota Palangka Raya, pada Senin 24 Juli 2023  sekitar pukul sekitar pukul 22.00 WIB.

Penyebab kebakaran fasilitas pendidikan tersebut menurut Kepala Dinas  Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya Gloriana Aden  terjadi karena arus pendek. “Dugaan sementara korsleting listrik yang ditandai dengan menjalarnya api di sepanjang kabel listrik di dalam ruangan,” jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,  namun kobaran api yang nyaris memakan seluruh bangunan sekolah tersebut berhasil dipadamkan oleh puluhan personel pemadam kebakaran (Damkar).

Untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut, petugas  sudah memberi garis polisi dan akan segera melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mencari tahu penyebab kebakaran yang sebenarnya.

Pasca kebakaran

Insiden kebakaran menghanguskan 1 ruang belajar. Kendati demikian, Kepala Dinas Pendidikan  Kota Palangka Raya Jayani memastikan aktivitas pembelajaran  pasca insiden kebakaran tetap berjalan normal.

“Cuman 1 kelas ruangan belajar saja yang terbakar. Jadi bisa diantisipasi dengan kita gunakan ruangan perpustakaan yang masih bisa kita bagi,” ujarnya kepada prokalteng saat dihubungi, Selasa 25 Juli 2023.

 

penulis: cnb
editor: alfrid u gara