Sindiran Telak Lorenzo: Pembalap Bikin MotoGP Sepi Penonton

Juara dunia MotoGP tiga kali, Jorge Lorenzo, memberi sindiran telak untuk para pembalap jelang MotoGP San Marino 2022 di Sirkuit Misano, Minggu (4/9).

Lorenzo memberi komentarnya mengenai kondisi MotoGP yang mulai ditinggal penonton saat ini. Popularitas MotoGP disebut-sebut mulai dikalahkan ajang Formula One (F1).

Dalam wawancara dengan Cycle World, Lorenzo mengatakan sikap para pembalap MotoGP saat ini menjadi salah satu penyebab kenapa ajang balap motor Grand Prix menurun pamornya.

“Pertempuran tanpa henti membuat penonton ramai. Sekarang mereka [pembalap] semua tampak seperti teman,” ujar Lorenzo dikutip dari AS.

MotoGP dalam beberapa tahun terakhir jauh berbeda ketika era Lorenzo, Marc Marquez dan Valentino Rossi masih menjadi rival. Perang kata-kata dan aksi luar biasa di atas trek sering terjadi setiap akhir pekan balapan.

Sebaliknya saat ini pembalap papan atas MotoGP seperti Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia terlihat sangat bersahabat baik di dalam dan luar trek.

“Quartararo tidak berbicara dengan Bagnaia seperti yang saya lakukan dengan Rossi. Bagnaia tidak berbicara dengan [Jorge] Martin seperti yang dilakukan Rossi dengan [Casey] Stoner,” ucap Lorenzo.

Salah satu langkah yang diambil Dorna Sports untuk meningkatkan popularitas MotoGP adalah memperkenalkan Sprint Race MotoGP mulai musim 2023.

Sprint Race MotoGP akan digelar setiap Sabtu di akhir pekan balapan. Durasi balapan hanya setengah dari balapan Minggu, begitu juga poinnya.

(sumber: cnnindonesia.com)