Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Mulai Adaptasi di Singapura

CANALBERITA.COM – Jelang keikutsertaannya di Piala AFF 2020timnas Indonesia hanya punya waktu persiapan selama enam hari melakukan adaptasi di Singapura.

Waktu persiapan tersebut dihitung dari jadwal pertandingan pertama timnas Indonesia dikurangi waktu kedatangan di Singapura.

Seperti diketahui, timnas Indonesia akan melakoni laga perdana di Piala AFF 2020 pada 9 Desember 2021 dengan menghadapi Kamboja.

Sedangkan Evan Dimas dan kolega baru tiba di Singapura pada Kamis (2/12/2021) pukul 17.30 WIB, setelah menempuh perjalanan selama 15 jam dari Antalya, Turki.

Selain untuk mematangkan strategi, waktu enam hari tersebut harus dimanfaatkan pemain timnas Indonesia untuk beradaptasi dengan cuaca dan lapangan di Singapura.

Ketika tiba di Singapura, Evan Dimas mengungkapkan bahwa kondisinya dan para pemain timnas Indonesia lainnya dalam keadaan baik.

“Alhamdulillah kami sudah tiba di Singapura setelah perjalanan panjang dari Turki,” kata Evan Dimas, dikutip dari laman PSSI.

“Kondisi saya dan teman-teman sudah siap untuk melakukan persiapan menghadapi Piala AFF 2020,” ia menambahkan.

Setelah tiba di Singapura, para pemain, pelatih, dan ofisial timnas Indonesia melakukan tes swab PCR untuk memastikan semuanya terbebas dari Covid-19.

Protokol kesehatan ketat tetap dijalankan timnas Indonesia karena pandemi Covid-19 masih belum berakhir, termasuk di Singapura.

Seusai menjalani swab, para pemain makan malam dan beristirahat di Hotel Orchard, Singapura. Latihan perdana baru digelar hari ini, Jumat (3/12/2021).

Sebelumnya, skuad asuhan Shin Tae-yong sudah menjalani pemusatan latihan di Turki sekitar tiga pekan. Hasilnya, timnas Indonesia menunjukkan perkembangan positif.

Dari tiga laga uji coba yang dilakoni, timnas Indonesia meraih dua kemenangan dan satu kekalahan. Kekalahan pertama didapat dari Afghanistan dengan skor 0-1.

Namun setelah itu, Evan Dimas dan kolega menang telak atas Myanmar (4-1) dan klub asal TurkiAntalyaspor (4-0).

Delapan gol yang dilesakkan timnas Indonesia ke gawang lawan-lawannya menjadi modal penting untuk menambah kepercayaan diri para pemain ketika mengarungi Piala AFF 2020.

Di fase awal Piala AFF 2020timnas Indonesia akan gabung di Grup B dan selain Kamboja akan menghadapi tiga lawan lainnya.

Indonesia juga akan bersua juara bertahan Vietnam, rival terdekat skuad Garuda, Malaysia, dan Laos.

Tiga laga awal timnas Indonesia di fase penyisihan dimainkan di Stadion Bisha. Partai pamungkas fase grup, Indonesia bersua Malaysia di Stadion Nasional Singapura.

Tanggal laga timnas Indonesia selain 9 Desember 2021 juga ada 12, 15, dan 19 pada bulan dan tahun yang sama.

(sumber: skor.id)