Piala AFF 2020: Shin Tae-yong Marah Besar dan Ancam Coret Asnawi dari Timnas Indonesia, Ada Apa?

CANALBERITA.COM – Pelatih Timnas IndonesiaShin Tae-yong, marah besar pada Asnawi Mangkualam Bahar atas provokasinya pada Faris Ramli di laga lawan Timnas Singapura.

Timnas Indonesia berduel lawan Singapura di leg 2 semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021) kemarin. Skuat Garuda saat itu berhasil menang cukup telak atas The Lions.

Kemarahan Shin Tae-yong mengacu pada sikap tak sportif yang dilakukan Asnawi Mangkualam terhadap pemain Singapura, Faris Ramli. Ketika itu, Asnawi seakan mengejek Faris Ramli yang gagal mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Timnas Indonesia.

Memang tak diketahui secara spesifik apa yang dikatakan Asnawi kepada Faris Ramli. Namun, Shin Tae-yong tetap tak membenarkan perilaku pemain Ansan Greeners itu.

“Saya tidak melihat kejadian itu di stadion, akan tetapi saya terkejut ketika melihat video rekaman setelah pertandingan. Setelah makan siang kemarin, saya langsung memarahi Asnawi,” kata Shin Tae-yong seperti dikutip The JoongAng.

“Saya katakan jika itu terjadi sekali lagi saat saya melatih Timnas Indonesia, jangan pernah berpikir untuk main di tim ini lagi,” tegas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia kemudian berhasil meraih kemenangan 4-2 atas Singapura pada laga leg 2 semifinal Piala AFF 2020. Skuad Merah Putih menembus final dengan keunggulan agregat 5-3 atas Singapura.

Timnas Indonesia akan menantang Thailand pada final Piala AFF 2020. Thailand menjadi finalis Piala AFF 2020 setelah menyingkirkan juara bertahan Vietnam dengan agregat 2-0.

Duel final antara Timnas Indonesia melawan Thailand di Piala AFF 2020 akan digelar dalam dua leg di National Stadium. Leg pertama akan berlangsung pada 29 Desember 2021 dan pertemuan kedua digelar pada 1 Januari 2022.

Timnas Indonesia sebelumnya sudah tiga kali menghadapi Thailand pada pertandingan final, yaitu edisi 2000, 2002, dan 2016. Semua laga final yang dimainkan berakhir dengan kekalahan Indonesia.

Final Piala AFF 2020 menjadi yang keenam buat Timnas Indonesia sepanjang sejarah. Namun, tak satupun gelar yang pernah diraih pada laga final sebelumnya.

Timnas Indonesia sebelumnya pernah berlaga pada final Piala AFF 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Ini menjadi momentum bagi skuad Merah Putih untuk meraih gelar dan mencetak sejarah.

Namun, perjuangan yang akan dihadapi tentu tak mudah. Thailand bakal menyajikan perlawanan yang sengit buat Asnawi Mangkualam dkk.

(sumber: bola.net)