Timo Werner Dimata Hansi Flick

CANALBERITA.COM – Penyerang Timo Werner dianggap belum memenuhi ekspektasi untuk menjadi penyerang tengah timnas Jerman. Namun, di mata pelatih Hansi Flick, Werner punya kemampuan untuk menjadi andalan timnas.

Timo Werner mulai menjadi andalan timnas Jerman pada era Joachim Loew. Werner melejit bersama RB Leipzig, sebelum pindah ke Chelsea pada musim 2020/2021 dan kesulitan mencetak gol. Catatan gol Werner menurun drastis.

Di tengah performa yang belum stabil di Chelsea, Werner juga kehilangan tempat di starting XI Jerman pada ajang Euro 2020 lali. Namun, Werner kembali jadi andalan sejak Hansi Flick menjadi pelatih Jerman.

Di masa lalu, Jerman punya penyerang top seperti Gerd Muller hingga Miroslav Klose. Namun, sejak era Klose berakhir, Jerman diklaim tak lagi punya ‘monster’ di kotak penalti. Werner dianggap bukan tipe penyerang klasik seperti Klose.

“Apa itu penyerang tengah klasik? Timo Werner bisa kok menemukan ruang di area sempit dan dia adalah seseorang yang ada di sana untuk mencetak dari rebound atau bola lepas. Dia memperhatikan itu,” kata Hansi Flick di situs resmi DFB.

“Dia, mungkin, tidak selalu berada di tempat yang Anda inginkan. Dia terlalu dekat dengan gawang pada titik-titik tertentu. Dia bisa melakukan lebih baik dan kami mengharapkannya. Kami perlu mengerjakan ini dalam pelatihan,” kata Flick.

Bersama Chelsea, kemampuan penyelesaian akhir Werner acap kali mendapat kritik. Hal yang sama terjadi bersama timnas Jerman. Tapi, di sisi lain, Werner dianggap punya kemampuan yang bagus dalam hal membuka ruang bagi pemain lain.

“Ini tentang menciptakan ruang dan masuk ke kedalaman lagi dan lagi melawan pertahanan yang stabil. Dia melakukannya dengan sangat baik,” kata Hansi Flick.

Selain kemampuan menciptakan ruang, Hansi Flick juga melihat Werner sebagai pemain yang punya kecepatan di atas rata-rata. Kelebihan ini bisa jadi faktor penting dalam membangun serangan balik.

Seperti Hansi Flick, dukungan untuk Werner juga datang dari rekan satu timnya di timnas Jerman yakni Serge Gnabry. Pemain Bayern Munchen itu tidak melihat Werner pantas mendapat kritik karena sudah tampil bagus.

“Sebagai sebuah tim, kami semua berada di belakang Timo Werner. Terkadang dia sedikit kurang beruntung. Dia berakselerasi, bertahan, itu selalu hal yang paling penting,” kata Serge Gnabry.

(Sumber: bola.net)