Timnas Indonesia Ogah Kecolongan

CANALBERITA.COMTimnas Indonesia akan menjalani leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 menghadapi Taiwan. Dalam laga yang berlangsung di Chang Arena Buriram, Thailand, Senin 11 Oktober 2021, Skuad Garuda bertindak sebagai tim tamu.

Pada leg pertama menjadi tuan rumah, Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1. Skuad asuhan Shin Tae-yong lebih dulu unggul dua gol, tapi di menit akhir, Taiwan berhasil memangkas ketertinggalan.

Secara permainan, Skuad Garuda berhasil mendominasi. Mereka terus memberi tekanan ke area pertahanan Taiwan. Tapi, dalam sebuah momen tendangan bebas, lawan bisa memaksimalkan kelengahan Timnas Indonesia.

Bek Timnas Indonesia, Victor Igbonefo mengatakan, dalam persiapan menatap pertandingan leg kedua, Shin Tae-yong telah melakukan evaluasi. Para pemain mendapat koreksi dari juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

“Ada beberapa koreksi dari pelatih dan kami sudah lakukan pada latihan untuk pertandingan nanti,” kata Igbonefo dalam wawancara dengan PSSI TV.

Menurut Igbonefo, kesalahan yang terjadi pada pertandingan leg pertama bukannya tanpa sebab. Karena mereka menjalani persiapan yang sempit. Cuma beberapa hari para pemain dikumpulkan di Jakarta, lalu terbang ke Thailand.

Sehingga apa yang terjadi di lapangan masih harus ada yang dievaluasi. Shin Tae-yong melakukan itu dan para pemain sudah siap untuk melakoni laga berikutnya.

Ada dua hal yang diwaspadai Igbonefo untuk pertandingan leg kedua nanti. Yag pertama adalah antisipasi tendangan bebas dari Taiwan.

Tak dipungkiri, kesalahan pemain Timnas Indonesia pada pertandingan sebelumnya membuat Taiwan bisa mencetak gol. Keunggulan lawan dari segi postur mesti bisa diantisipasi.

Skema serangan balik yang diterapkan oleh Taiwan juga mesti diwaspadai. Bek asal klub Persib Bandung itu berkaca dari pengalaman laga sebelumnya.

“Kemarin kita kebobolan, dan menurut saya kita harus antisipasi free kick mereka karena mereka cukup tinggi posturnya. Kita juga harus waspadai serangan balik dari mereka,” tuturnya.

(sumber: viva.co.id)